Merawat Hewan Kelinci Agar Dapat Berkembang Dengan Baik

Kelinci termasuk hewan mamalia dari famili Leporidae. Hewan ini mempunyai ciri khas bulu tubuhnya yang halus dan lembut, telinganya panjang dan hidung yang bergerak-gerak. Kelinci mempunyai jenis dan warna yang berbeda-beda. Pada zaman dahulu kelinci hanya hidup liar di daratan Afrika dan Eropa. Namun kini banyak di pelihara hampir di seluruh penjuru dunia.

Bentuknya yang lucu dan menggemaskan menjadikan kelinci sebagai hewan kesayangan keluarga. Mereka tidak hanya berada di kandang namun sering diajak masuk rumah, di gendong dan gampang berinteraksi dengan manusia. Mereka termasuk hewan penurut dan gampang akrab dengan pemilik rumah. Maka tak heran banyak anak-anak menyukai mereka.

Memelihara kelinci sebenarnya bukan hal yang sulit. Apalagi bila anda mempunyai lahan kebun yang luas yang banyak di tumbuhi rerumputan hijau, mereka akan senang sekali. Walaupun mereka dibuatkan kandang khusus namun mereka senang membuat lubang sendiri di bawah tanah. Lubang itu bis menjadi sarang untuk meletakkan anak-anak mereka agar terhindar dari predator seperti kucing dan tikus yang bisa mencuri anak-anak mereka.

American Fuzzy Lop
American Fuzzy Lop

Kelinci sangat menyukai jenis sayuran segar seperti sawi, kangkung, bayam, kacang panjang, wortel. Khusus untuk kangkung jangan terlalu sering dan banyak dalam memberikan, di khawatirkan mereka akan menderita diare. Rumput segar di belakang rumahpun mereka sangat menyukai. Jangan heran bila rerumputan tidak sempat tumbuh tinggi karena sudah dikonsumsi mereka setiap hari. Namun jika hari masih pagi sekali dan matahari belum menyinari rerumputan itu, sebaiknya kelinci jangan diumbar dahulu. Ini dimaksudkan agar mereka tidak langsung mengkonsumsi rerumputan yang masih basah oleh embun.

Dalam merawat kelinci, kita bisa melibatkan anak-anak kita agar mereka mempunyai kepedulian dan cinta kasih dengan hewan yang kita pelihara. Anak-anak dapat memberika makan, sambil sesekali memegang hidung kelinci yang selalu bergerak. Anak-anak akan heran mengapa hidung kelinci tidak berhenti bergerak.

American Sable
American Sable

Berikut cara merawat kelinci agar tumbuh dengan baik:

  • Membersihkan kandang secara teratur.

Dengan mempunyai kandang yang bersih dan kering maka jamur tidak akan mudah tumbuh di telinga dan hidung kelinci.

  • Disamping itu kandang harus mendapatkan sinar matahari secara langsung. Dengan mendapatkan sinar matahari maka kandang terhindar dari kelembaban.
  • Untuk bagian bawah kandang diusahakan berlubang sehingga kotran kelinci tersebut dapat jatuh ke bawah kandang. Kotoran dan air seni kelinci dapat digunakan sebagai pupuk kandang.
  • Untuk anakan kelinci yang diletakkan di dalam kandang maka ukuran yang dibutuhkan sekitar 50×50 cm. Tempat makan dan minum dapat dijangkau baik tanpa saling menginjak satu sama lain.
  • Pemberian makanan secara bervariasi. Makanan kelinci berupa sayuran dan wortel atau pelet yang bisa dibeli di toko pakan ternak. Sebelum memberikan sayuran, pastikan sayuran dalam keadaan agak layu agar memudahkan mereka makan.
  • Bulu kelinci biasanya tebal dan halus. Untuk itu kita harus secara rutin memandikan mereka dan menjemur di bawah sinar matahari agar bulu mereka bersih dan tidak ditumbuhi kutu maupun parasit. Saat memandikan, pastikan cuaca sedang cerah agar bulunya cepat kering. Jika mendung sebaiknya tunda dahulu niat untuk memandikan.
  • Jika bulu kelinci sudah terlalu panjang, sebaiknya di cukur agar nampak rapi. Bila todak bisa melakukannya sendiri, maka anda dapat meminta jasa pemeliharaan agar dapat mencukur bulu kelinci kesayangan anda.
Silver Rex Betina
Silver Rex Betina

Kami dari Jualayamhias.com disamping menyediakan berbagai jenis ayam hias dari berupa telur siap tetas, anakan, remaja dan dewasa kini menyediakan berbagai hewan hias lainnya seperti burung unta, burung merak, bebek mandarin, jenis burung merpati dan kelinci dengan berbagai variasi umur. Kami juga bisa mengirimkan ke berbagai wilayah di seluruh Indonesia menggunakan jasa kargo hewan yang telah dipercaya selama bertahun-tahun.

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata terkait:
beternak kelinci, harga kelinci, makanan kelinci, kelinci impor, kandang kelinci, ternak kelinci hias, ternak kelinci pedaging, usaha ternak kelinci hias, usaha ternak kelinci pedaging, jual kelinci, harga kelinci

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s