6 Hal yang Perlu di Ketahui Dalam Merawat Kelinci

6 Hal yang Perlu di Ketahui Dalam Merawat Kelinci

Kelinci merupakan tipe hewan yang ingin disayang dan selalu diperhatikan oleh pemiliknya. Dalam pemeliharaannya peternak perlu mengetahui cara perawatannya. karena kelinci merupakan hewan yang jinak maka sudah sepantasnya jika peternak harus selalu merawatnya. Perawatannya tersebut bisa meliputi dari pemberian kandang, pemberian pakan, mengecek kondisi hewan, hingga pembersihan kandang.

Holland Lop Jantan
Holland Lop Jantan

Hal-hal apa sajakah yang perlu diketahui dalam merawat kelinci?

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dalam merawat kelinci

  1. Mengecek Kondisi

Saat kita ingin memulai beternak kelinci, pilihlah kelinci yang sudah tahan terhadap penyakit. Pilihlah kelinci yang berusia 4 bulan. Namun jika ingin memulainya dengan yang lebih mudah pilihlah kelinci yang masih berusia 2 bulan.

  1. Pemberian Kandang

Buatlah kandang yang lokasinya jauh dari keramaian, karena kelinci menyukai tempat yang nyaman dan tenang. Usahakan alas dibuat yang berlubang supaya kotoran kelinci akan langsung jatuh ketanah. Pilihlah lokasi kandang yang jauh dari gangguan hewan lain seperti anjing dan kucing.

Flemish Giant
Flemish Giant
  1. Pembersihan Kandang

Agar kelinci tidak terserang penyakit, kandang sebaiknya dibersihkan secara rutin. Kandang bisa dibersihkan menggunakan sapu lidi,dan usahakan alat untuk membersihkan bisa menjangkau ke bagian dalam kandang.

  1. Pembersihan Peralatan Kandang

Peralatan yang ada didalam kandang seperti tempat makan dan tempat minum sebaiknya juga dibersihkan secara rutin.

  1. Pemberian Pakan

Pakan merupakan kebutuhan penting yang harus selalu disediakan oleh peternak, maka dari itu setiap harinya peternak harus memberikan pakan sebanyak dua kali dalam sehari. Berikan pakan berupa sayuran hijau dan buah-buahan. Setiap ingin memberikan pakan, tempat pakan harus dibersihkan terlebih dahulu hal ini untuk menghindari tercampurnya bakteri kedalam makanan tersebut.

Flemish Giant
Flemish Giant
  1. Perawatan Kelinci
Baca Juga!  Perlu Kita Ketahui 2 Jenis Kelinci Asli Indonesia

Karena kelinci tipe hewan yang ingin selalu diperhatikan, maka pemilik harus selalu merawatnya dengan cara, saat bulu sudah mulai panjang dan tidak rapi pangkas bulu agar terlihat indah kembali. Selain itu kuku juga selalu dibersihkan apabila sudah panjang potonglah agar rapi kembali. Saat jenis kelamin sudah mulai terlihat segera pisahkan antara kelinci jantan dan betina hal ini untuk menghindari pendewasaan dini.

Kelinci Tan
Kelinci Tan

Merawat hewan peliharaan merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan bagi pemilikinya. Maka dari itu kita perlu mengetahui perawatan secara benar agar langkah yang kita lakukan tidak salah.

Kata Terkait :

Kelinci Hias, Merawat Kelinci, Kebersihan Kelinci, Ternak Kelinci Hias, Ternak kelinci Pedaging, Usaha Ternak Kelinci Pedaging,  Jual Kelinci, Harga Kelinci, cara mengatasi kelinci sekarat

5/5 - (2 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA