6 Hal yang Perlu di Ketahui Dalam Merawat Kelinci

Kelinci merupakan tipe hewan yang ingin disayang dan selalu diperhatikan oleh pemiliknya. Dalam pemeliharaannya peternak perlu mengetahui cara perawatannya. karena kelinci merupakan hewan yang jinak maka sudah sepantasnya jika peternak harus selalu merawatnya. Perawatannya tersebut bisa meliputi dari pemberian kandang, pemberian pakan, mengecek kondisi hewan, hingga pembersihan kandang.

Holland Lop Jantan
Holland Lop Jantan

Hal-hal apa sajakah yang perlu diketahui dalam merawat kelinci?

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dalam merawat kelinci

  1. Mengecek Kondisi

Saat kita ingin memulai beternak kelinci, pilihlah kelinci yang sudah tahan terhadap penyakit. Pilihlah kelinci yang berusia 4 bulan. Namun jika ingin memulainya dengan yang lebih mudah pilihlah kelinci yang masih berusia 2 bulan.

  1. Pemberian Kandang

Buatlah kandang yang lokasinya jauh dari keramaian, karena kelinci menyukai tempat yang nyaman dan tenang. Usahakan alas dibuat yang berlubang supaya kotoran kelinci akan langsung jatuh ketanah. Pilihlah lokasi kandang yang jauh dari gangguan hewan lain seperti anjing dan kucing.

Flemish Giant
Flemish Giant
  1. Pembersihan Kandang

Agar kelinci tidak terserang penyakit, kandang sebaiknya dibersihkan secara rutin. Kandang bisa dibersihkan menggunakan sapu lidi,dan usahakan alat untuk membersihkan bisa menjangkau ke bagian dalam kandang.

  1. Pembersihan Peralatan Kandang

Peralatan yang ada didalam kandang seperti tempat makan dan tempat minum sebaiknya juga dibersihkan secara rutin.

  1. Pemberian Pakan

Pakan merupakan kebutuhan penting yang harus selalu disediakan oleh peternak, maka dari itu setiap harinya peternak harus memberikan pakan sebanyak dua kali dalam sehari. Berikan pakan berupa sayuran hijau dan buah-buahan. Setiap ingin memberikan pakan, tempat pakan harus dibersihkan terlebih dahulu hal ini untuk menghindari tercampurnya bakteri kedalam makanan tersebut.

Flemish Giant
Flemish Giant
  1. Perawatan Kelinci

Karena kelinci tipe hewan yang ingin selalu diperhatikan, maka pemilik harus selalu merawatnya dengan cara, saat bulu sudah mulai panjang dan tidak rapi pangkas bulu agar terlihat indah kembali. Selain itu kuku juga selalu dibersihkan apabila sudah panjang potonglah agar rapi kembali. Saat jenis kelamin sudah mulai terlihat segera pisahkan antara kelinci jantan dan betina hal ini untuk menghindari pendewasaan dini.

Kelinci Tan
Kelinci Tan

Merawat hewan peliharaan merupakan suatu kegiatan yang harus dilakukan bagi pemilikinya. Maka dari itu kita perlu mengetahui perawatan secara benar agar langkah yang kita lakukan tidak salah.

Jualayamhias.com menyediakan kelinci dengan berbagai jenisnya. Untuk pemesanan segera hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait :

Kelinci Hias, Merawat Kelinci, Kebersihan Kelinci, Ternak Kelinci Hias, Ternak kelinci Pedaging, Usaha Ternak Kelinci Pedaging,  Jual Kelinci, Harga Kelinci

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s