3 Tips Memelihara Kelinci Hias Anggora

Kelinci Anggora adalah jenis kelinci yang memilliki bulu yang indah. Kelinci Anggora memiliki bulu yang panjang dan indah. Dengan bulunya yang indah itu membuatnya banyak penggemar. Namun perlu kita ketahui, jika anggora itu memerlukan perawatan yang baik. Maka dari itu pemeliharaannya pun harus dilakukan secara baik dan benar karena dikhawatirkan jika merawatnya tidak baik akan membuat kelinci ini tidak menarik lagi.

Ada beberapa cara agar Kelinci Anggora yang kita miliki, tetap selalu indah dilihat meskipun sudah berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Terutama pada bulunya jika merawatnya tidak dilakukan secara baik, kemungkinan anggora dalam jangka waktu yang tidak lama sudah terlihat kusam dan kotor. Maka dari itu kita memerlukan beberapa cara untuk memelihara Anggora

Kelinci English Anggora
Kelinci English Anggora

Ada berapa cara untuk memeihara Kelinci Anggora?

Berikut tips untuk memeihara Kelinci Anggora

  1. Kandang

Pemeliharaan kandang adalah hal yang paling pertama untuk kita lakukan. Untuk hal ini sebaiknya kandang disekat. kelinci harus dipisahkan terutama bagi kelinci jantan, karena kelinci anggora jantan memiliki sifat yang suka berkelahi. Maka dari itu kandang yang dibutuhkan harus lebih luas. Selain itu juga bisa dengan cara diumbar, anggora akan lebih suka jika diumbar di rerumputan.

  1. Kesehatan

Agar kelinci sehat tempatkan dikandang yang bersih dan tidak lembab. Yang lebih baik lagi kandang selalu kering. Selain itu sesekali kandang dijemur agar selalu kering. Biasanya kandang yang lembab akan menimbulkan penyakit. Selain itu pada alas kandang juga diberi lapisan agar saat kandang dibersihkan, lapisan tersebut tinggal diangkat untuk diambil kotorannya

Kelinci English Anggora Betina
Kelinci English Anggora Betina
  1. Makanan

Kelinci anggora menyukai pakan berupa hijau-hijauan, maka dari itu berikan pakan seperti sayuran hijau, seperti kangkung, daun kacang, lobak hijau, selederi dan jenis sayuran hijau lainnya. Selain itu buah-buahan kelinci anggora juga menyukainya seperti buah pisang, blueberry, stroberry dan apel.

Untuk pemeliharaannya :

  1. Tindakan Pencegahan/ Preventif

Kondisi kandang harus selalu bersih kering, selain itu peralatan lainnya seperti tempat pakan dan minum juga harus selalu dibersihkan dan tidak lembab. biasanya penyakit itu muncul karena kondisi kandang dan peralatan yang lembab dan tidak bersih, sehingga bakteri akan masuk kedalam kandang tersebut

  1. Pengontrolan Penyakit

Pengontrolan penyakit dilakukan dengan mengecek kondisi kelinci. Tanda-tanda kelinci terserang penyakit itu kondisinya lesu, lemah, nafsu makan menurun, suhu tubuh menurun dan mata sayu. Jika kelinci sudah mengalami hal tersebut, segera pisahkan kelinci yang sakit dari kelinci yang sehat.

Kelinci English Anggora
Kelinci English Anggora
  1. Perawatan

Indukan kelinci harus menyusui anak kelinci, kemudian pada usia 7-8 minggu anakan kelinci sudah harus disapih. Anakan yang disapihkan ditempatkan dikandang dengan jumlah 2 atau ekor saja dalam satu kandang. Berikan pakan yang berkualitas, untuk kelinci jantan dan betina juga harus dipisahkan hal ini untuk menghindari pendewasaan yang terlalu dini.

  1. Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan bisa berupa sayuran hijau-hijauan seperti sawi, lobak hijau, selederi, daun ketumbar dan daun kacang. Untuk pemberian buah bisa berikan berupa apel, stroberi, pisang dan blueberry. Untuk pakan tambahan bisa berikan konsentrat yang di toko-toko pakan terdekat.

Pakan diberikan sebanyak 2 kali dalam seharinya, yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari.

Pemberian minum perlu, maka dari itu selalu sediakan air minum kedalam kandang.

  1. Pemeliharaan Kandang

Kandang dibersihkan rutin, untuk menghindari bakteri yang menyebabkan penyakit. Kandang sesekali dijemur, hal ini agar kondisi kandang tetap kering. kandang jangan sampai. Berikan penampung kotoran pada bagian alas kandang, saat dibersihkan penampung tersebut tinggal diangkat untuk membuang kotoran. Untuk tempat minum sebaiknya digantung agar kelinci tidak menumpahkan minumnya, karena hal ini kemungkinan menyebabkan kondisi kandang lembab.

Kelinci English Anggora Jantan
Kelinci English Anggora Jantan

Itulah beberapa tips untuk memelihara kelinci. jenis kelinci anggora memang memerlukan perawatan yang baik, terutama pada bagian bulunya, agar bulu tetap indah pemilik harus rutin untuk merawatnya.

Dan jika anda menginginkan kelinci, jualayamhias.com menyediakan kelinci dengan berbagai jenisnya, untuk pemesanan silahkan hubungi kami segera di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait :

Kelinci, Kelinci Hias, Kelinci Anggora, Kelinci Pedaging, Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Peluang Usaha Ternak Kelinci Hias, Peluang Usaha Ternak Kelinci Pedaging, Memelihara Kelinci, Jual Kelinci, Jual Kelinci Anggora

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s