7 Tips Merawat Bulu Kelinci Anggora Agar Tetap Indah

7 Tips Merawat Bulu Kelinci Anggora Agar Tetap Indah

Kelinci memang terkenal dengan bulunya yang indah. Banyak para penghobi yang memilih kelinci sebagai hobinya karena bulunya yang terkesan menarik untuk dilihat sehingga mereka tidak hanya sekedar ingin melihatnya, akan tetapi mereka juga ingin untuk memilikinya.

Namun terkadang ada beberapa pemilik yang kesannya tidak perduli dengan kondisi fisik yang dimiliki kelinci. Saat mereka belum lama memilikinya, mereka senang untuk mengelus-elus dan menyayanginya, tetapi setelah kelinci sudah lama dipelihara biasanya akan terlihat kotor dan bulunya kusut, saat itulah banyak yang enggan lagi untuk menyentuh bahkan mengelus-elusnya.

Kelinci English Anggora
Kelinci English Anggora

Kelinci Anggora merupakan jenis kelinci yang memiliki bulu yang indah, maka dari itu para pemilik perlu melakukan beberapa perawatan agar kelinci anggora yang mereka miliki tetap indah walaupun kelinci sudah dipelihara berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun.

Tips apa sajakah untuk merawat bulu kelinci anggora agar tetap indah?

Berikut tips merawat bulu kelinci anggora yang perlu anda ketahui

  1. Kebersihan Kandang Kelinci

Kandang merupakan komponen utama yang harus disediakan jika ingin memelihara kelinci. kandang yang bersih akan memberikan kenyamanan bagi kelinci, selain itu kandang juga sangat mempengaruhi bulu kelinci, biasanya bulu kelinci yang kotor itu karena kandangnya kotor, sehingga kotoran itu pun menempel pada bulunya. Maka dari itu melakukan pembersihan kandang untuk menjaga bulu kelinci tetap bersih dan indah.

English Anggora Anakan
English Anggora Anakan
  1. Menyisir Bulunya

Bulu kelinci anggora memang indah, namun ada kalanya bulu yang dimiliki anggora itu tidak rapi dan terkesan berantakkan. Saat seperti itu pemilik harus rajin-rajin untuk menyisir bulunya agar tetap rapi dan indah

  1. Hindarkan dari Tempat yang Basah

Bulu hewan apapun jika terkena basah pasti akan terlihat gimbal atau kumal, begitu juga dengan kelinci anggora pasti tidak terlihat menarik lagi. Maka untuk mengindari hal ini jauhkan kelinci anggora dari tempat-tempat yang basah.

  1. Hindarkan dari Tempat yang Panas
Baca Juga!  Mengenal 10 Sifat Kelinci dan Karakteristik yang di Miliki

Bulu kelinci anggora sangat sensitif terhadap tempat yang panas, karena akan menyebabkan kerontokan pada bulunya. Padahal kelinci anggora terkenal dengan bulunya yang lebat. Mulai dari sekarang hindarkan anggora hindarkan dari tempat-tempat yang panas.

Kelinci Anggora
Kelinci Anggora
  1. Blow-Up

Biasanya agar bulu tetap indah, bulunya akan diblow-up. Namun bisa juga menggunakan hairdryer dengan cara menyisir terlebih dahulu bulunya, kemudian dikasih bedak. Namun jangan lupa kelinci sangat sensitif terhadap panas maka dari itu gunakan hairdyer yang dingin lalu bersihkan bedak sampai bersih.

  1. Memilih Pakan yang Benar

Jenis pakan yang mengandung vit E memang dipercaya mampu membuatnya tetap sehat. Sayur-sayuran adalah jenis pakan yang banyak mengandung vit E, maka berikanlah makanan seperti sayur-sayuran.

  1. Dirawat Ke Salon

Sekarang sudah banyak tempat-tempat salon hewan termasuk salon kelinci. Banyak para pemiliknya yang sudah membawa kelinci untuk dapat dirawat ditempat-tempat tersebut sudah memiliki alat yang lengkap untuk merawat bulunya. Jadi untuk pemelihara kelinci yang sibuk dengan kegiatan rutinnya. Salon menjadi pilihan yang tepat untuk memanjakannya.

English Anggora Betina
English Anggora Betina

Dukung kami untuk senantiasa memberikan konten bermanfaat dengan Follow, Like dan Subcribe akun kami di:

Instagram : @hobi_ternak

Facebook : Hobi Ternak

Youtube : Kandang Utama Jualayamhias

Kata Terkait :

Kelinci Hias, Jenis Kelinci, Kelinci Anggora, Merawat Kelinci, Merawat Bulu Anggora, Jual Kelinci Anggora, Harga Kelinci Anggora, Ternak Kelinci Hias, Ternak Kelinci Pedaging, Peluang Usaha Ternak Kelinci Pedaging, Peluang Usaha Ternak Kelinci Hias, Jual Kelinci Pedaging, Jual Kelinci Hias

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA