7 Tips Memberikan Pakan untuk Ternak Kelinci

Pakan menjadi kebutuhan pokok bagi kelinci dimasa pertumbuhannya. Bagi peternak penyediaan pakan tentunya sangat diwajibkan, selain untuk pertumbuhannya pakan juga menjadi sumber pokok bagi hewan agar dapat terus bertahan hidup. Begitu juga dengan kelinci, hewan yang satu ini memiliki kebutuhan pakan yang berbeda dengan jenis hewan lainnya, para peternak kelinc perlu mengetahui jenis-jenis pakannya dan juga cara-cara untuk memberikan pakan untuk kelincinya.

Kelinci Polish
Kelinci Polish

Bagaimana cara memberikan pakan untuk kelinci?

Berikut 7 tips memberikan pakan untuk kelinci:

  1. Selalu menyediakan rumput jerami dengan jumlah yang cukup

Bagi kelinci rumput jerami selalu dibutuhkan dan harus disediakan setiap saat oleh peternak. Beberapa jenis rumput seperti timothy, oat, dan brome merupakan jenis rumput yang banyak dipilih, biasanya rumput akan diletakkan dikandang yang bersih.

  1. Sediakan jenis rumput sesuai dengan usia kelinci

Untuk kelinci yang sedang dalam masa pertumbuhan hingga berumur 7 bulan maupun yang sedang hamil atau menyusui sediakan jerami dan alfalfa untuk kebutuhan kalorinya

Kelinci Holland Lop
Kelinci Holland Lop
  1. Berikan pakan berupa sayuran

Kelinci merupakan jenis hewan yang terkenal sangat menyukai wortel, namun jangan memberikan wortel terlalu banyak karena jenis sayuran ini memiliki kadar gula yang tinggi.

Lebih baik berikan sayuran berupa hijau-hijauan seperti bayam, sawi, lobak hijau, seledri, peterseli( daun ketumbar), ataupun daun selada air yang baik diberikan sebagai pakan kelinci.

Untuk kelinci yang sudah dewasa berikan sayuran sebanyak 2 cangkir dalam sehari

Bagi kelinci yang masih muda pemberikan sayuran yang terlalu sering akan mengakibatkan gangguan pencernaan, maka dari itu untuk usia 2 minggu keatas berikan satu sayuran dengan waktu seminggu sekali, ukuran biasanya sekitar 14 gram.

Kelinci English Spot Merah
Kelinci English Spot Merah
  1. Berikan makanan berupa buah-buahan

Kelinci juga menyukai buah-buahan, biasanya para peternak akan memberikan buah-buahan seperti pisang, apel dan stroberry karena buah tersebut mengandung gula yang baik bagi kelinci.

  1. Jangan memberikan pakan yang dapat menganggu kesehatan kelinci

Ada beberapa sayuran yang memang tidak dianjurkan untuk dipilih sebagai pakan kelinci, sayur-sayuran seperti kubis, selada, jagung, tomat, kacang, polong, dan kentang selain itu juga jangan berikan pakan berupa bambu, bijian dan daging jenis apapun. Biasanya juga kelinci yang diberi pakan selada akan terserang penyakit diare.

Kelinci Rex Classic Indukan Betina
Kelinci Rex Classic Indukan Betina
  1. Jangan berikan makanan manusia

Makanan yang banyak disukai manusia seperti permen, coklat dan susu sebaiknya jangan dijadikan sebagai pakan kelinci, karena jenis makanan tersebut sudah dimasak sehingga tidak dianjurkan untuk diberikan sebagai pakan kelinci.

  1. Selalu sediakan air minum yang bersih

Air untuk diminum kelinci sebaiknya yang bersih dan selalu diganti rutin setiap hari. untuk tempat juga harus dibersihkan secara rutin hal ini untuk menghindari bakteri menempel pada tempat minum tersebut yang dapat mengganggu kesehatan kelinci.

Kelinci Himalayan
Kelinci Himalayan

Itulah beberapa tips untuk memberikan pakan kelinci. Dan jika anda ingin memesan kelinci silahkan hubungi kami sekarang juga di

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888 

Kata terkait :

Kelinci, pakan kelinci, tips memberi pakan kelinci, jual kelinci, tenak kelinci, harga kelinci, foto kelinci, ternak kelinci pedaging, ternak kelinci hias, peluang usaha ternak kelinci pedaging, peluang usaha ternak kelinci hias, jual kelinci pedaging, jual kelinci hias

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s