DOC Ayam Jawa Super

7 Jenis Pemanas Buatan untuk Usaha Beternak Ayam Kampung Super (JOPER)

7 Jenis Pemanas Buatan untuk Usaha Beternak Ayam Kampung Super (JOPER)

Pemanas buatan yang Anda buat sendiri lebih menekan biaya produksi. Peternak dapat menggunakan teknologi sederhana dan cukup mudah untuk diterapkan. Pemanas buatan bisa Anda buat dengan menggunakan kaleng bekas yang di dalamnya di masukan arang serta kayu bakar sedikit, kemudian di bakar dan apabila sudah menjadi arang berarti pemanas ini sudah siap untuk digunakan.

Pemanas yang Anda buat bisa Anda letakkan di tengah kandang di bagian atas kandang tersebut diberi selembar seng yang kira kira selebar setengah meter, yang berguna untuk menyerap panas yang didapat dari pemanas buatan tersebut dan agar lebih cepat menyebar ke seluruh kandang. Satu buah pemanas buatan ini bisa memanaskan 400 sampai dengan 500 ekor anak ayam. Pemanas buatan dibuat  untuk memelihara anak Ayam Kampung Super yang masih berumur 1 sampai 10 hari. Selama ini pembuatan pemanas buatan dibuat agar menekan biaya produksi atau biaya pemeliharaan ayam. Sehingga peternak dapat memperoleh keuntungan dengan menggunakan pemanas buatan ini. Teknologi sederhana yang tepat guna seperti pembuatan pemanas buatan adalah teknologi yang ternilai murah dan berdampak baik bagi peternak, dan pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan peternak.

DOC Ayam Jawa Super

DOC Ayam Jawa Super

Ada berapa macam jenis pemanas buatan dalam usaha beternak Ayam Kampung Super (Joper)?

Berikut 7 macam pemanas yang biasa digunakan oleh para peternak :

  1. Pemanas batubara

Batubara dikenal sebagai bahan bakar alternatif non minyak. Saat ini sudah banyak peternak yang memanfaatkan batubara sebagai pemanas tambahan pada ayam. Harga batubara yang cukup terjangkau dan tungku atau alat pembakar yang sederhana, menjadikan alat pemanas ini murah dan terjangkau.

Pemakaian dari batubara dapat menimbulkan asap. Kelemahan dari penggunaan pemanas batubara adalah panas yang dihasilkan cukup namun sangat sulit untuk diatur, serta diperlukan tungku dalam jumlah yang cukup banyak. Saat pertama kali Anda nyalakan juga akan timbul asap yang dapat menganggu pernafasan ayam. Selain itu, jika sudah selesai digunakan tapi bahan yang belum digunakan masih banyak, maka sisa dari batubara tersebut akan terbuang sia sia.

Pemanas Buatan berasal dari Batubara

Pemanas Buatan berasal dari Batubara

  1. Pemanas dari kayu bakar

Pemanas jenis ini masih tergolong tradisional, karena dalam pembuatannya hanya memanfaatkan drum bekas yang diisi dengan kayu bakar, sekam padi atau sekam sisa gergaji kayu yang kemudian dibakar. Biaya yang dikeluarkan cukup murah, namun saat digunakan pemanas ini paling tidak efektif.

Selain banyak menimbulkan asap sepanjang pemakaian, asap juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan ayam karena dapat menganggu saluran pernafasannya. Suhu yang dihasilkan juga sulit untuk dikontrol. Hal ini bisa berakibat terhadap petumbuhan ayam menjadi tidak merata karena faktor lingkungan yang tidak nyaman sehingga ayam tidak dapat beraktivitas dengan baik.

  1. Semawar

Pemanas jenis ini relatif sederhana karena hanya menggunakan kompor seperti yang digunakan para penjual bakso, wedang ronde dan mie ayam keliling, yang dibentuk dengan diberi payung berbentuk bulat. Bahan bakar yang digunakan adalah minyak tanah. Namun dengan adanya kelangkaan terhadap minyak tanah, saat ini bahan bakar tersebut diganti dengan gas LPG.

Dari pengadaan peralatan, semawar gas LPG lebih murah dibanding dengan pemanas gas modern. Namun kelemahan dari pemanas jenis ini adalah terjadinya nyala api yang dapat menyebabkan kebakaran. Selain itu payung yang digunakan sebagai pemfokus panas menjadi mudah rusak. Sehingga akan menyebabkan ada panas yang terbuang dengan percuma, pemborosan dalam penggunaan gas, dan penggantian peralatan pemanas yang sering digunakan.

ayam jawa super, DOC ayam jawa, harga DOC joper ayam jawa, bisnis peternakan yang menguntungkan, cara merawat doc kampung super, cara membuat pemanas kandang sederhana, cara membuat pemanas ruangan sendiri, Jual DOC Joper, Jual DOC Ayam Jawa Super, Harga DOC Joper

Semawar

  1. Pemanas dari gas

Pemanas buatan yang terbuat dari gas LPG, dirancang dengan detail agar mudah untuk digunakan. Namun, para peternak banyak yang mempertimbangkan jenis pemanas ini karena harganya yang relatif mahal. Namun karena harga yang cukup mahal, pemanas gas ini banyak memiliki keunggulan seperti panas yang dihasilkan cukup, relatif lebih stabil dan tidak menimbulkan polusi udara dan polusi suara.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686 


WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait :

ayam kampung super, DOC ayam kampung, harga DOC joper ayam jawa, bisnis peternakan yang menguntungkan, cara merawat doc kampung super, cara membuat pemanas kandang sederhana, cara membuat pemanas ruangan sendiri, Jual DOC ayam kampung super, Harga DOC Ayam Kampung Super

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s