4 Penyebab Kematian Dini Pada DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super adalah sebutan Ayam Jawa Super yang baru berusia 1 hari. Kematian doc sangat sering terjadi saat ayam berusia 1 hari sampai sekitar 1 bulan. Akan tetapi dengan manajemen atau pengaturan yang baik, tidak akan menutup kemungkinan jika angka kematian ayam mencapai 0 %.

Apa yang menyebabkan kematian dini pada DOC Ayam Kampung Super?

Berikut 4 penyebab kematian DOC ayam kampung dan beberapa upaya pencegahannya antara lain :

  1. Kesalahan dalam pemberian vaksin (antibiotik)

Kesalahan dalam memilih vaksin dan waktu pemberian vaksin dapat memberikan efek yang kurang baik terhadap kesehatan DOC. Waktu yang tepat dapat pemberian vaksin untuk mencegah penyakit tetelo biasanya dilakukan saat ayam berumur 3-4 hari. Namun, kebanyakan dari peternak memberikan vaksin saat ayam turun dari box doc, hal ini sangat merugikan doc yang baru berusia 1 hari karena mereka masih memiliki antibodi bawaan dari induknya. Jika pemberian vaksin tetap dilakukan saat ayam berumur 1 hari maka antibodi yang diharapkan untuk melindungi ayam dari penyakit, tidak mampu melindungi anak ayam jawa super dari penyakit tetelo. Jika memungkinkan, Anda bisa membeli vaksin di toko yang sudah memiliki kebijakan terhadap pemberian vaksin, karena vaksin yang disimpan di kulkas yang tidak memiliki standar tertentu bisa menyebabkan vaksin mudah rusak dan tidak mampu melindungi tubuh ayam dari penyakit tetelo.

Ayam jawa super, DOC ayam jawa, harga DOC joper ayam jawa super, Jual DOC Joper, cara vaksin doc, cara merawat doc kampung super, cara menggunakan vaksin nd, Jual Ayam Jawa Super, Ternak Ayam Jawa Super, Harga Ayam Jawa Super
BOX DOC Ayam Kampung Super

Upaya untuk mengatasinya :

  • Menentukan waktu pelaksanaan proses vaksinasi dengan tepat.
  • Memilih jenis vaksin yang tepat.
  • Jangan mudah tergiur dengan vaksin yang harganya murah, karena vaksin sekarang kebanyakan tidak sesuai dengan virus yang di tangani.
  • Konsultasikan pada dokter hewan yang berwenang untuk mendapatkan hasil yang terbaik.
  • Yang perlu Anda ingat adalah hanya ayam sehat yang boleh di berikan vaksin.
  1. Kesalahan dalam mengatur alat pemanas (brooder)

Alat ini berfungsi membantu DOC Ayam Kampung Super untuk mengatur suhu tubuhnya. Pada suhu udara yang kritis alat pemanas harus selalu dijaga kegunaannya sehingga mampu mempertahankan suhu tubuh ayam sesuai dengan apa yang diinginkan. Pengaturan antara alat pemanas dengan alas atau yang biasa disebut litter juga perlu mendapatkan perhatian yang cukup. Perhatikanlah penyebaran anak ayam di bawah alat pemanas, apabila anak ayam menyebar merata berarti suhu sudah di anggap cukup, namun apabila anak ayam menjauhi alat pemanas atau menggerombol di bawah alat pemanas maka suhu alat pemanas di anggap masih belum ideal.

Upaya untuk mengatasinya adalah :

  • Anda perlu mengatur suhu pemanas dengan teratur.
  • Memilih alat pemanas yang aman dan murah.
  • Memilih alat pemanas yang mudah dalam pengoperasiannya atau menjalankannya.
  • Selalu memperhatikan jarak antara alat pemanas dengan alas atau litter, dan
  • Menyiapkan pemanas cadangan untuk menghindari hal yang tidak Anda inginkan seperti mati listrik, pemadaman bergilir dan lain sebagainya.
  1. Terjadinya infeksi pada ayam

Lingkungan kandang yang kurang baik dapat menyebabkan mikroorganisme tumbuh dan dapat menyerang kesehatan ayam. Apabila anak ayam terinfeksi oleh virus dan lainnya maka bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh ayam menurun. Gejala yang ditimbulkan adalah ayam demam, lesu dan lemas, tidak nafsu makan dan minum, berat badan terus menurun dan lain sebagainya. DOC Ayam Kampung Super yang terkena gejala penyakit ini akan memilih berdiam diri di bawah alat pemanas guna menghangatkan tubuhnya. Karena ayam terlalu lama berada di bawah lampu dapat menyebabkan ayam menjadi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Cara untuk mengatasinya :

  • Menjaga sanitasi lingkungan kandang baik dari peralatan kandang, tempat serta manusianya.
  • Memindahkan ayam yang sudah terserang wabah penyakit ke kandang yang lain agar penyakit tidak menyebar ke ayam yang lain.
  • Usahakan sinar matahari yang masuk atau yang diperlukan oleh ayam cukup.
Ayam jawa super, DOC ayam jawa, harga DOC joper ayam jawa super, Jual DOC Joper, cara vaksin doc, cara merawat doc kampung super, cara menggunakan vaksin nd, Jual Ayam Jawa Super, Ternak Ayam Jawa Super, Harga Ayam Jawa Super
DOC Ayam Kampung Super
  1. Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh)

Kekurangan cairan tubuh bisa terjadi karena proses pengangkutan dan ketika ayam berada di dalam mesin penetas. Jarak pengangkutan yang terlalu jauh bisa menyebabkan DOC Ayam Kampung Super mengalami dehidrasi. Penyebab lainnya adalah tata letak penetasan yang kurang baik seperti suhu mesin yang terlalu tinggi dengan tingkat kelembapan yang rendah.

Upaya untuk mengatasinya :

  • Memperhatikan suhu dengan kelembapan di mesin penetasan.
  • Memilih produsen DOC yang terpercaya dan terjamin.
  • Tidak tergiur dengan harga DOC ayam jawa yang harganya murah.
  • Menggunakan jasa pengiriman yang aman bagi hewan ternak.
  • Memberikan kecambah waktu dalam pengiriman, dan
  • Penanganan yang tepat ketiak DOC ayam jawa super sampai di rumah.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686 


WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung, harga DOC joper ayam kampung super, Jual DOC ayam kampung super, cara vaksin doc, cara merawat doc kampung super, cara menggunakan vaksin nd, Jual Ayam Kampung Super, Ternak Ayam Kampung Super, Harga Ayam Kampung Super

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s