Langkah Awal Menentukan Keberhasilan Dalam Beternak Ayam Kampung Super (Joper)

Ayam Kampung Super merupakan jenis usaha yang cukup menguntungkan karena masa panen ayam yang relatif lebih singkat dan kebutuhan akan dagingnya yang meningkat dari tahun ke tahun. Ayam ini merupakan ayam hasil persilangan dari ayam kampung (jantan) dan ayam petelur (betina) sehingga dari hasil persilangan tersebut muncul ayam yang diberi nama ayam jawa super.

Sebelum Anda memulai beternak Ayam Kampung Super, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan pemeliharaan ayam. Hal ini diperlukan agar perencanaan, persiapan dan pelaksanaanya dapat terarah sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Secara umum, tujuan pemeliharaan ayam adalah untuk hobi dan bisnis. Namun dalam hal ini, pemeliharaan ayam jawa adalah untuk keperluan berbisnis. Berbekal dengan pemahaman keunggulan dan kelemahan Ayam Super, tujuan berbisnisnya bisa Anda tentukan dengan spesifik, apakah ayam yang akan Anda pelihara adalah untuk pedaging, petelur, diambil bibit anakan ayamnya atau bahkan ketiganya. Penetapan dari hal itu berkaitan dengan pengaturan reproduksi, penetasan dan persaingan pasar.

Pada masa Ayam Kampung Super berumur 1 hari sampai 2 minggu memang menentukan pertumbuhan ayam kedepannya. Beternak ayam jawa ditentukan pada dua minggu pertama pada masa fase starter, karena pada masa ini terjadi perkembangan sistem kekebalan, saluran pernapasan dan saluran pencernaan. Namun, jika suhu dan lingkungan tidak mendukung, maka ayam merasa tidak nyaman dan kemampuan genetiknya tidak akan muncul. Dua minggu pertama inilah yang biasa disebut dengan masa indukan atau masa brooding.

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, bisnis peternakan yang paling menguntungkan, jual DOC ayam jawa super, budidaya JOPER, harga DOC joper, Jual DOC Ayam Jawa Super, Harga DOC Ayam Jawa Super
DOC Ayam Kampung Super

Masa brooding adalah masa kehidupan ayam yang menjadi pondasi awal bagi kehidupan ayam dan produktivitas ayam selanjutnya. Keberhasilan dari fase ini akan memudahkan para peternak untuk memperoleh keuntungan secara optimal.

  1. Persiapan masa brooding

Pada masa ini ayam akan mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dan mencakup semua organ yang berperan bagi produktivitas ayam. Hampir semua pakan yang dikonsumsi diberikan untuk produktivitas ayam. Karena serangkaian proses yang terjadi pada tubuh ayam selama masa itu begitu penting. Maka dibutuhkan perhatian dan penanganan secara intensif yang bisa Anda terapkan.

Sebelum memulai masa brooding Anda harus mempersiapkan segala kebutuhan yang berhubungan dengan :

  1. DOC ayam kampung super yang berkualitas

Pemilihan bibit DOC Ayam Kampung Super merupakan salah satu faktor yang mendukung keberhasilan dalam beternak ayam kampung.

Anakan DOC ayam jawa yang berkualitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Berat rata-rata 36-40 gram per ekor.
  • Mempunyai bulu yang bersih dan mengkilap.
  • Matanya bersinar.
  • Gerakannya lincah dan gesit.
  • Kakinya bersih dan mengkilap.
  1. Pakan yang berkualitas

Pada masa ini, DOC Ayam Super membutuhkan nutrisi yang kandungan nya lebih tinggi bila dibandingkan dengan pakan yang digunakan untuk fase akhir. Kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk fase starter ini adalah 20-22 %. Pemberian pakan pada awal pemeliharaan 1-10 hari sebaiknya 2 kali pemberian. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi ayam dan suhu di dalam kandang.

  1. Kandang brooding

Dapat menggunakan bentuk lingkaran atau persegi, gunakan pengaman dengan seng dengan tinggi 60 cm untuk melindungi ayam dari serangan hama dan menambah panas pada kandang brooding.

  1. Pemanas

Yang perlu diperhatikan adalah suhu tubuh ayam agar tetap stabil meskipun sedang terjadi perubahan suhu lingkungan. Karena perbedaan suhu tubuh ayam dengan lingkungan akan menganggu proses metabolisme, hal ini dikarenakan ayam belum mampu beradaptasi dengan perubahan lingkungan yang terjadi. Maka sangat diperlukan pemanas.

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, bisnis peternakan yang paling menguntungkan, jual DOC ayam jawa super, budidaya JOPER, harga DOC joper, Jual DOC Ayam Jawa Super, Harga DOC Ayam Jawa Super
DOC Ayam Kampung Super
  1. Tempat pakan dan minum

Tempat pakan dan minum harus di sediakan sesuai dengan jumlah ayam yang ada di dalam kandang. Sebaiknya penyebaran pakan dan minum merata hingga 2-3 ayam dapat makan dalam waktu yang bersamaan. Jumlah tempat pakan dan minum yang tidak merata akan mempengaruhi pertumbuhan ayam dan akan mengakibatkan pertumbuhan yang tidak merata.

  1. Alas kandang

Alas kandang atau yang biasa disebut dengan litter berfungsi menampung dan menyerap air dari kotoran ayam sehingga kotoran akan cepat kering. Bahan yang digunakan sebaiknya bahan yang mempunyai daya serap terhadap air tinggi. Sehingga mampu menjaga kehangatan di dalam kandang brooding.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686


WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, bisnis peternakan yang paling menguntungkan, jual DOC ayam kampung super, budidaya ayam kampung super, harga DOC ayam kampung, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Kampung Super

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s