Cara Penetasan Telur Ayam Kampung Super dengan Menggunakan Mesin Penetas

Dengan menggunakan mesin penetas telur, induk ayam kampung akan terus-menerus bertelur tanpa melakukan proses pengeraman selama 21 hari, dan waktunya juga tidak terpotong untuk mengurus dan membesarkan anak-anak ayam.

Hal yang dilakukan untuk penetasan  Ayam Kampung Super meliputi :

  1. Mempersiapkan tempat

Persiapan tempat adalah hal yang paling penting. Untuk masalah tempat penetasan telur usahakan ditempatkan ditempat yang cukup luas dan tidak terkena sinar matahari langsung dan tidak terkena angin yang dapat menyebabkan perubahan suhu secara ekstrim. Selain tempat yang dibutuhkan cukup luas, usahakan lingkungan sekitar yang digunakan untuk proses penetasan tidak mengandung bibit-bibit penyakit. Situasi lingkungan yang buruk akan mempengaruhi proses penetasan dan menyebabkan kegagalan.

  1. Persiapan mesin untuk menetas

Usahakan memilih mesin penetas sesuai dengan kebutuhan telur yang akan Anda tetaskan. Mesin penetas telur yang baik adalah memiliki presentase penetasan yang tinggi. Walaupun hasil penetasan tinggi tidak hanya dipengaruhi oleh mesin penetasnya saja, tetapi juga oleh beberapa hal seperti, bibit yang kurang bagus, telur banyak yang tidak vertil, pemeliharaan yang kurang dan lain sebagainya. Dalam proses penetasan telur, Anda harus memperhatikan kebutuhan mesin penetas dengan kapasitas jumlah yang akan ditetaskan. Suhu ideal dalam ruang penetas sekitar 37-39 derajat.

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, cara menetaskan telur dengan mesin penetas, cara menetaskan telur dengan alat, suhu dan kelembapan penetasan telur, Jual DOC joper, Harga DOC joper
Penetasan Telur Menggunakan Mesin Penetas

Tahapan yang dilakukan untuk penetasan telur ayam kampung :

  1. Memasukkan telur

Sebelum memasukkan telur ke dalam mesin penetas, usahakan mesin penetas sudah benar-benar siap untuk digunakan. Suhu yang digunakan dalam mesin tetas juga harus sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Pastikan kelembapan udara ideal, tidak ada lubang yang akan mempengaruhi mesin penetas Anda.

Sebelum telur dimasukkan ke dalam mesin penetas, pastikan terlebih dahulu telur ayam bebas dari kotoran yang menempel. Karena telur yang bersih dapat menghindarkan embrio yang mati karena bakteri dan mempermudah dalam proses pengamatan dalam perkembangannya.

Untuk mengamati telur ayam bisa menggunakan teropong lampu pijar. Pada usia 4 hari, embrio ayam jawa akan terlihat seperti akar pohon yang berwarna merah. Sedangkan untuk embrio ayam yang tidak mengandung bibit akan terlihat bening di bagian dalam telur. Selama 3 hari telur didiamkan dalam mesin penetas dan tidak boleh dibuka. Cukup amati suhu dalam mesin penetas, apabila sudah stabil dan ideal maka dibiarkan saja.

  1. Pengeraman telur

Setelah 3 hari Anda mengamati apakah telur memiliki benih atau tidak, telur yang tidak memiliki benih dan tidak bisa menetas masih bisa untuk dikonsumsi dan dijual. Pada hari ke empat, telur ayam kampung super di angin-anginkan dengan cara membuka mesin penetas selama kurang lebih 10 menit, sebaiknya melakukan hal ini pada pagi hari. Karena saat pagi hari udara dan cuaca sangat mendukung untuk perkembangan telur. Dalam proses pengeraman yang harus diperhatikan adalah suhu dan kelembapan udara di dalam mesin penetas. Anda juga bisa menyemprotkan air hangat ke telur-telur jika kelembapan udara kurang.

  1. Masa telur menetas

Setelah 21 hari telur ayam kampung akan menetas, namun ada juga yang belum 21 hari sudah menetas. Setelah telur ada yang menetas segera pindahkan anakan ke tempat yang sudah disediakan. Ketika hendak memindahkan ayam ke tempat lain usahakan bulu ayam kering terlebih dahulu dan pilih ayam jawa super yang kualitasnya baik. Kemudian pindahkan ke tempat yang suhu dan kelembapan udaranya hampir sama dengan mesin penetas. Seiring bertambahnya umur ayam, suhu dalam ruangan perlahan-lahan mulai di turunkan sedikit demi sedikit (bertahap).

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, cara menetaskan telur dengan mesin penetas, cara menetaskan telur dengan alat, suhu dan kelembapan penetasan telur, Jual DOC joper, Harga DOC joper
Masa Penetasan Telur

Perlahan lahan coba Anda latih anak ayam tersebut makan, dengan menaburkan makanan di bulunya, karena anak ayam jawa yang baru menetas masih menggunakan energi dari makanan cadangan dari telurnya. Setelah anakan ayam sudah cukup kuat, anakan bisa dijual dan dipelihara sendiri hingga besar.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686
WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, cara menetaskan telur dengan mesin penetas, cara menetaskan telur dengan alat, suhu dan kelembapan penetasan telur, ternak ayam kampung super, Jual DOC ayam kampung super, Harga DOC ayam kampung super

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s