Cara Mengobati Ayam Kampung Super(Joper) yang Terkena Pullorum (Berak Kapur)

Pullorum atau yang biasa disebut dengan berak kapur adalah penyakit menular pada ayam yang sering dikenal dengan berak kapur atau berak putih (Bacilary White Diarrhea). Biasanya penyakit ini menyerang saat ayam berumur 1-10 hari. Ayam kampung dewasa yang terkena penyakit ini akan mengalami penurunan produktivitas telur, depresi, stres, anemia dan kotoran encer berwarna kuning. Selain menyerang ayam, penyakit ini juga menyerang unggas lain seperti puyuh, ayam kalkun merpati dan beberapa jenis burung yang lain. Pullorum disebabkan oleh bakteri gram negatif dan bakteri salmonella pullorum. Bakteri jenis ini dapat bertahan hidup di tanah selama kurang lebih 1 tahun.

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, harga doc joper 2016, Jual DOC joper, mengobati berak kapur, obat herbal berak kapur, Jual DOC Ayam Jawa Super, Harga DOC Ayam Jawa Super
Ayam Terkena Penyakit Pullorum/ Berak Kapur

Penyakit ini menyerang ayam dari segala umur, meskipun begitu angka kematian tertinggi terjadi pada anak ayam yang baru menetas.

Penularan berak kapur atau pullorum ini dapat melalui 2 cara, yaitu :

  1. Secara horizontal

Terjadi secara langsung antara ayam kampung yang sakit dengan ayam yang telah sembuh, sedangkan penularan tidak langsung melalui kontak dengan peralatan, kandang, litter atau alas, dan pakaian dari pegawai kandang yang terkontaminasi.

  1. Secara horizontal

Induk menularkan secara langsung kepada anaknya melalui telur.

Gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah :

  1. Nafsu makan ayam joper menurun sangat drastis
  2. Terjadi kelumpuhan.
  3. Badan anak ayam lemas atau lesu.
  4. Sayap terkulai dan kusam.
  5. Kloaka akan menjadi puih karena feses yang telah kering.
  6. Kotoran menempel di sekitar dubur berwarna putih.

Upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan adalah :

  1. Menjaga kebersihan kandang serta mesin penetas. Kandang yang tidak diisi oleh ayam harus dibersihkan secara rutin. Sebelum dan sesudah menggunakan mesin penetas bisa disemprot dengan larutan kaporit atau bisa menggunakan antiseptik lainnya.
  2. Ayam yang Anda beli dari distributor atau peternak harus memiliki sertifikat bebas salmonella pullorum.
  3. Jangan biarkan binatang pengganggu seperti tikus, kucing, semut atau hewan pengganggu lainnya masuk ke dalam kandang.
  4. Peralatan kandang dicuci dan di keringkan setiap harinya.
  5. Kotoran ayam dibersihkan setiap hari.
  6. Berikan obat cacing secara rutin pada anak ayam. Tambahkan obat pencegah berak kapur pada minuman ayam.
  7. Anak ayam yang sakit harus dipisahkan dengan yang lainnya. Jika ditemukan ayam yang mati, sebaiknya segera dimusnahkan atau di kubur sedalam mungkin.

Pengobatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan antibiotik seperti tetra, furozolidon, coccilin. Obat obatan ini efektif untuk mencegah kematian pada anak ayam, tetapi tidak dapat menghilangkan infeksi karena penyakit tersebut. Sebaiknya ayam yang terserang penyakit ini dimusnahkan untuk menghilangkan penyakit berak kapur atau pullorum menjadi bertambah kronis (parah).

Ayam jawa super, DOC ayam jawa super, harga doc joper 2016, Jual DOC joper, mengobati berak kapur, obat herbal berak kapur, Jual DOC Ayam Jawa Super, Harga DOC Ayam Jawa Super
Penyakit Tetelo Pada Ayam

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686 

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, harga doc ayam kampung super 2016, Jual DOC ayam kampung super, mengobati berak kapur, obat herbal berak kapur, Ternak DOC Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Ayam Kampung Super

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s