Waspada Gejala Penyakit yang Menyerang Burung Kenari! : Cara Mengatasi Burung Kenari yang Terserang Penyakit

Burung Kenari yang mendadak mati bisa disebabkan karena penyakit yang dideritanya, seperti terkena bakteri, parasit, virus dan lainnya. Meskipun terlihat sangat mendadak, namun sebelumnya Burung Kenari sudah memperlihatkan tanda-tanda bahwa ia sakit. Ada tanda-tanda yang bisa diketahui gejalanya dan ada juga yang tidak bisa diketahui gejalanya.

Pada umumnya Burung Kenari merupakan burung yang pandai menyembunyikan kelemahanya, termasuk juga penyakit yang dideritanya. Saat Burung Kenari berada di alam bebas, meskipun sedang terserang penyakit, kenari akan  tetap memperlihatkan bahwa ia sehat, hal ini ia lakukan agar terhindar dari serangan burung predator yang mengincar burung kecil yang lemah.

Penyakit yang diderita Burung Kenari yang apabila tidak segera ditangani bisa menyebabkan mati mendadak adalah infeksi pernafasan. Penyakit ini biasa menyerang saat pergantian musim. Penyebab kematian mendadak pada Burung Kenari tidak hanya kasus infeksi pernafasan saja, melainkan hal lain, seperti serangan jantung dan stroke. Maka dari itu apabila ingin Burung Kenari Anda sehat, berikan pakan yang berkualitas mengandung nutrisi dan berikan vitamin untuk menunjang kesehatanya.

Burung kenari, ternak kenari, penyakit kenari dan cara pengobatannya, kenari sakit bulu mengembang, obat kenari sakit pernapasan, obat kenari sakit kurus
Burung Kenari yang Sakit

Beberapa gejala yang dialami Burung Kenari yang mengalami infeksi pernapasan antara lain :

  1. Burung Kenari mendadak pasif (kurang aktif), ia hanya terdiam di atas tangkringan atau lebih sering berdiam di dasar kandang.
  2. Kenari sering mengembangkan bulu-bulunya, sehingga terlihat acak-acakan. Apabila burung kenari Anda seperti ini, segera berikan pertolongan pertama.
  3. Kotoran Burung Kenari berwarna kekuningan, putih atau bening.
  4. Nafas burung terengah-engah seperti menahan rasa sakit.
  5. Burung kenari lebih banyak tidur dari biasanya, terutama saat siang hari yang seharusnya ia aktif bergerak namun justru tidur.
  6. Sekitar dubur nampak basah. Gejala ini cukup akurat untuk mendeteksi apakah burung sehat atau bahkan sakit. Apabila sekitar dubur kenari kering dan bersih itu menandakan Burung Kenari sehat.

Banyak penangkar yang memberikan pertolongan pertama dengan menempatkan burung dalam kandang yang diberi lampu penghangat. Namun faktanya, pemberian lampu ini justru membuat penyakit infeksi pernafasan pada burung kenari semakin parah.

Khusus penyakit Burung Kenari yang terkena infeksi pernafasan, dokter hewan yang berada di Eropa justru tidak menyarankan penggunaan lampu bagi burung yang sedang sakit. Sebab suhu yang panas di dalam kandang bisa membuat penyakit Burung Kenari bertambah parah, yang bisa mengakibatkan kematian mendadak pada burung. Namun pada saat Burung Kenari Anda terserang penyakit flu yang diakibatkan cuaca yang dingin, penggunaan kandang yang disertai lampu penghangat tetap bermanfaat bagi kenari. Penyebab lain dari infeksi pernafasan pada Burung Kenari bisa terjadi karena kandang yang tidak terawat dengan baik banyak menimbulkan bakteri.

Cara yang bisa dilakukan agar Burung Kenari Anda terbebas dari penyakit adalah dengan menjaga suhu tetap sepanjang tahunnya, yaitu pada suhu 20-25° celcius. Pemberian multivitamin tambahan yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan burung kenari, seperti BirdVit yang bisa menjaga kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Burung kenari, ternak kenari, penyakit kenari dan cara pengobatannya, kenari sakit bulu mengembang, obat kenari sakit pernapasan, obat kenari sakit kurus
Tanda-Tanda Burung Kenari Sakit

Untuk perawatan Burung Kenari yang mengalami infeksi pernafasan, sebaiknya dikarantina menggunakan kandang yang terpisah tanpa dilengkapi dengan lampu. Tempatkan Burung Kenari pada suhu (20-25° celcius), dan berikan pengobatan secara rutin. Dalam hal ini burung yang terkena infeksi pada kantung udaranya yang disebabkan karena kandang kurang bersih atau banyak bakteri bisa dengan diberikan Birdfresh, apabila terjadi akibat infeksi parasit bisa diberikan BirdTwitter.

Kata terkait:

Burung kenari, ternak kenari, penyakit kenari dan cara pengobatannya, kenari sakit bulu mengembang, obat kenari sakit pernapasan, obat kenari sakit kurus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s