Penyebab Burung Kenari Stres dan Cara Mengatasinya

Sebenarnya banyak sekali hal-hal yang dialami oleh penangkar kenari, diantaranya yaitu Burung Kenari sakit, stres, kenari patah kaki, dan lain sebagainya. Bagi mereka yang hobi mania dengan Burung Kenari, hal ini merupakan hal yang biasa. Namun berbeda dengan mereka yang pemula, tentu saja masalah ini bisa jadi masalah yang besar dan tentu membingungkan.

Burung Kenari yang sedang stres tentu membutuhkan perawatan agar bisa kembali seperti sedia kala. Salah satu tanda  kenari Anda mengalami stres adalah burung kenari tidak mau berkicau atau malas berbunyi. Banyak hal yang menyebabkan burung kenari stres, salah satunya karena pengaruh lingkungan. Lingkungan di sini adalah masalah kandang burung yang digantung di tempat yang ramai. Karena ada juga burung kenari yang belum siap mental di paksa di gantung di tempat yang ramai. Itu juga menjadi salah satu penyebab burung kenari stres. Ada banyak faktor lain yang menyebabkan Burung Kenari stres, yaitu:

Burung kenari, kenari, ciri kenari stres, tanda kenari stres, cara mengatasi kenari macet bunyi, kicau kenari, ternak kenari
Burung Kenari Mengalami Stres
  • Kandang kenari yang terlalu kecil.
  • Kandang yang tidak pernah dibersihkan.
  • Birahi kenari yang tinggi.
  • Cuaca yang tidak sesuai atau cuaca buruk.
  • Dekat dengan binatang lain (predator).

Dan apabila kenari Anda stres dan tidak segera Anda tangani, maka akan berdampak buruk pada burung kenari.

Bagaimana cara mengatasi Burung Kenari yang stres ?

  1. Jika di rumah Anda memelihara hewan seperti kucing, anjing, tikus atau binatang lain yang bisa menimbulkan rasa takut pada Burung Kenari, maka sebaiknya usahakan menempatkan burung pada tempat yang berjauhan sehingga burung kenari tidak sering melihatnya.
  2. Letakkan kandang di tempat yang nyaman, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin dan jauh dari keramaian.
  3. Apabila Burung Kenari dalam keadaan over birahi, maka bisa langsung dikawinkan atau dengan cara lain yakni mengatasi kenari over birahi.
  4. Bersihkan kandang secara teratur setiap hari agar Burung Kenari terjaga kesehatannya dan merasa nyaman untuk ditinggali.
  5. Usahakan burung kenari dalam keadaan yang ideal. Jangan sampai terlalu gemuk atau terlalu kurus.
  6. Bisa juga dipancing dengan mendekatkan burung betina. Namun ada juga yang memancing dengan mendekatkan burung jantan yang berkicau agar jiwa tarungnya terpacu. Namun, hal ini tergantung burung kenari Anda.
  7. Berilah nutrisi yang cukup ketika Burung Kenari mengalami proses mabung (perontokan bulu) agar nutrisi burung terpenuhi dengan baik. Misalnya dengan memberikan sayuran, buah, atau vitamin secukupnya.
  8. Karena sifat bawaan. Apabila Burung Kenari stres karena faktor bawaan dari sifatnya, maka yang harus dilakukan adalah dengan mencelupkan kepala burung kenari ke dalam air selama satu detik. Cara ini cukup sadis, tetapi cara ini akan memberi efek jera bagi burung kenari itu sendiri.
Burung kenari, kenari, ciri kenari stres, tanda kenari stres, cara mengatasi kenari macet bunyi, kicau kenari, ternak kenari
Burung Kenari

Kata terkait:

Burung kenari, kenari, ciri kenari stres, tanda kenari stres, cara mengatasi kenari macet bunyi, kicau kenari, ternak kenari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s