Menyiapkan Burung Kenari Untuk Berkembangbiak

Burung Kenari adalah salah satu burung yang dapat diternak. Kenari (Serinus Canaria) termasuk dalam kelompok Fringilliadae bersama dengan burung Finch. Burung kenari bukan burung asli Indonesia. Burung ini pertama ditemukan pada abad ke 15, di Kepulauan Canary oleh pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout. Oleh karena itu burung yang di temukan oleh Jean de Berthan Cout diberi nama kenari (dalam bahasa Indonesia).

Burung Kenari adalah burung yang indah dan cantik untuk dipelihara di rumah karena mudah untuk dirawat dan cenderung senang sendirian. Burung Kenari dikenal oleh masyarakat Indonesia pada saat penjajahan Belanda. Pada saat itu, para bangsawan Belanda membawa dan memperkenalkan pada rakyat Indonesia. Burung itu dapat beradaptasi di Indonesia dengan baik, semua itu dibuktikan dengan bertambahnya jenis Burung Kenari di Indonesia. Namun, saat ini burung kenari termasuk jenis burung yang langka.

Kenari, kenari bertelur, kenari bertelur tanpa kawin, jarak kenari bertelur lagi, jual burung kenari
Burung Kenari

Mengembangbiakkan Burung Kenari memang memerlukan perencanaan, makanan khusus, peralatan khusus, dan keberuntungan. Pengembangbiakkan harus dilakukan dengan cara yang tepat karena harus memastikan lingkungan yang akan di tinggali burung kenari bebas dari stres atau tidak, agar peluang untuk menghasilkan anak burung akan lebih besar.

  1. Membeli perlengkapan berkembangbiak

Selain perlengkapan dasar yang sudah ada untuk burung, Anda memerlukan kandang yang besar agar Burung Kenari bisa berkembangbiak, sarang untuk kenari betina agar bisa bertelur, dan bahan sarang yang digunakan betina untuk membuat sarangnya. Anda juga memerlukan lampu agar bisa menerangi kandang.

Kenari, kenari bertelur, kenari bertelur tanpa kawin, jarak kenari bertelur lagi, jual burung kenari
Sangkar Harian Burung Kenari
  1. Pisahkan kenari hingga tiba waktunya berkembangbiak

Burung Kenari harus ditempatkan dalam kandang sendiri. Burung Kenari jantan cenderung senang berkelahi dan seekor burung kenari jantan juga bisa membunuh kenari betina jika kenari betina tidak siap untuk berkembangbiak.

  1. Perhatikan tanda-tanda Burung Kenari siap untuk berkembangbiak

Perkembangbiakkan biasanya muncul di musim semi. Burung Kenari biasanya berkembangbiak jika suhunya sekitar 21 derajat Celcius dan tersedianya cahaya. Burung Kenari jantan dan betina memiliki perilaku yang berbeda ketika siap untuk berkembangbiak. Kenari jantan biasanya akan masuk dalam kondisi siap berkembangbiak sebelum kenari betina. Tanda kenari jantan sudah siap berkembangbiak yaitu menjatuhkan sayapnya ketika berkicau dan berkicau dengan suara lebih keras. Kenari betina biasanya menyiapkan sarang jika sedang dalam kondisi siap berkembangbiak. Namun yang paling meyakinkan adalah ketika duburnya tampak merah dan bengkak.

  1. Tempatkan kenari jantan dan betina secara berdampingan, dan dalam kandang yang berbeda

Tempatkan kandang secara berdampingan, hal ini akan membuat burung terbiasa satu sama lain dan perilaku tersebut akan menunjukkan jika keduanya siap berkembangbiak.

  1. Tambahkan sarang di samping Burung Kenari betina di dalam kandang perkembangbiakkan

Jika Anda menggunakan kandang yang besar, sebaiknya letakkan sarang di kandang betina, jika kenari betina sudah menambahkan bahan-bahan di sarangnya itu berarti kenari betina sudah siap untuk berkembangbiak.

  1. Berikan makanan yang tepat

Burung Kenari yang bersarang harus diberi makanan yang tepat yaitu dari biji-bijian, vitamin dan kalsium tambahan beberapa minggu setelah berkembangbiak hingga selesai memberi makan anaknya.

Kenari, kenari bertelur, kenari bertelur tanpa kawin, jarak kenari bertelur lagi, jual burung kenari
Burung Kenari

Kata terkait: Kenari, kenari bertelur, kenari bertelur tanpa kawin, jarak kenari bertelur lagi, jual burung kenari

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s