Ternak Ayam Kate Untuk Menghasilkan Indukan Yang Berkualitas

Ayam kate adalah tipe ayam yang dipelihara sebagai hewan hias. Ayam ini mmpunyai keunikan yang berbeda dengan jenis ayam yang lainnya, yakni berukuran mini. Karena keunikan dan ukurannya yang mini inilah harga ayam serama di pasaran mencapai ratusan ribu bahkan jutaan ribu rupiah. Apalagi kalau warna dan fisik ayam kate bagus harganya bisa selangit. Jika dilihat dari segi harga, pemeliharaan dan perawatannya sangatlah jauh selisihnya. Biaya perawatannya sangatlah terjangkau dan tidak sampai sepertiga dari harganya. Selain itu pemeliharaan ayam kate juga cukup mudah.

Ayam kate yang dilepas bebas tanpa ditempatkan dalam kandang pun tidak akan pergi jauh dari lokasi pelepasan pertama. Berbeda dengan ayam lain yang memerlukan kandang agar ayam yang dipelihara tidak lepas. Jadi keunggulan ayam kate adalah tetap aman apabila dilepaskan meskipun pembeli baru saja membeli. Ayam kate akan mengganggap pelepasan pertama kali itu adalah rumahnya.

Ayam Kate Dewasa
Ayam Kate Dewasa

Berikut ini adalah langkah-langkah memelihara ayam kate, antara lain:

  1. Menyiapkan kandang

Sebelum memulai memelihara ayam kate, alangkah lebih baik menyiapkan kandang untuk menempatkan hewan peliharaan tersebut. Ayam kate ini tidak memerlukan tempat yang luas. Yang terpenting adalah membuat kandang yang jauh dari genangan air, tidak menyatu dengan rumah, dan terdapat ventilasi yang baik agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

  1. Memilih indukan

Ayam kate merupakan hewan yang berpasangan. Selama hidupnya ayam kate akan berpasangan dengan yang telah dipilihnya atau yang sudah dijodohkan. Tapi tidak menutup kemungkinan ayam kate bisa dilakukan kawin silang atau menempatkan satu jantan dengan beberapa betina. Memilih indukan yang baik adalah penting, apabila salah dalam memilih indukan akan menghambat proses budidaya ayam kate. Adapun cara memilih indukan yang baik sebagai berikut:

 . Sehat

Cara mudah mengetahui ayam sehat atau tidak yaitu dengan memberi makanan dihadapan nya, apabila ayam kate tersebut sehat akan segera memakan pakan yang disediakan. Namun bisa juga dilihat dari geraknya.

. Membeli di penangkaran

Di penangkaran akan menyediakan berbagai pilihan, mulai dari ukuran, warna dan lain lain. Pilihlah yang banyak memungkinkan untuk mendapatkan indukan yang baik.

. Umur

Ayam kate yang ideal adalah pejantan berumur 4-5 bulan, sedangkan untuk betina berumur 5-6 bulan. Ayam kate yang sudah tua tidak bisa menghasilkan telur lagi. Tetapi apabila ayam kate masih terlalu muda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk siap kawin.

. Warna

Agar mendapat peranakan yang bagus, pilihlah indukan yang mempunyai warna yang baik. Karena sebagian besar anak ayam kate yang menetas akan sama dengan induknya.

. Ukuran

Ayam kate, cara ternak ayam kate lengkap, kate asli, kandang serama, jual ayam kate, harga ayam kate
Ayam Kate Dewasa

Untuk ukuran ayam kate yang baik bagi pejantan adalah mempunyai tubuh lebih besar dibandingkan dengan betina, karena itu akan mempengaruhi proses perkawinan.

  1. Perkawinan

Proses perkawinan bisa dilakukan ketika betina sudah benar benar siap untuk kawin atau dalam keadaan subur. Apabila ayam tidak dalam keadaan subuh tentu tidak akan membuahkan hasil. Apabila ayam kate dipisahkan antara ayam jantan dan betina lebih baik proses pengawinan di jadwalkan dengan teratur. Proses pengawinan bisa dilakukan ayam kate tanpa bantuan manusia.

  1. Menyiapkan tempat indukan untuk bertelur

Sebelum ayam betina bertelur sebaiknya siapkan tempat peneluran yang baik. Bisa menggunakan kotak kayu yang beralaskan jerami. Apabila jerami tidak ada bisa menggunakan kulit kelapa. Alasnya tidak boleh keras, agar telur yang di hasilkan tidak pecah. Betina akan bertelur setelah 5-7 hari setelah proses pengawinan. Telur yang dihasilkan bisa setiap hari, namun apabila pakan yang diberikan kurang baik, telur yang dihasilkan bisa 2 hari sekali. Telur yang dihasilkan bisa mencapai 7-12 dalam satu peiode. Untuk menetaskan telur diperlukan waktu pengeraman selama 21 hari. Cara lain yaitu proses penetasan bisa menggunakan bantuan mesin penetas telur. Keunggulan menggunakan mesin penetasan ini adalah telur yang bisa ditetaskan lebih banyak, dan keuntungan lainya ayam betina tidak harus mengerami telurnya dan bisa disiapkan untuk proses pengawinan lagi.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kate, kami menyediakan telur ayam kate yang siap ditetaskan baik dengan indukan ayam kate, maupun dengan mesin penetas telur. Bagi Anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kate kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kate dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:

Ayam kate, cara ternak ayam kate lengkap, kate asli, kandang serama, jual ayam kate, harga ayam kate

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s