Cara Mengatasi Suara Serak Burung Kenari

Untuk mendapatkan nyanyian Burung Kenari yang merdu dan berkualitas adalah salah satu tujuan pecinta burung kenari. Namun tidak selamanya Burung Kenari yang Anda miliki mempunyai suara yang merdu, melainkan memiliki suara serak atau putus-putus atau bahkan hilang. Pertanda suara burung kenari hilang bisa Anda lihat ketika burung kenari berkicau suaranya terdengar tidak karuan, apabila semakin parah burung ini hanya terngangah saja tanpa ada suara.

Tentunya bagi Anda pecinta Burung Kenari jika menangani masalah seperti ini harus sabar dan tenang dalam menghadapi suara burung kenari yang serak tersebut. Mungkin saat Anda melatih Burung Kenari agar mengeluarkan suara yang lantang Anda melakukanya dengan salah, itu bisa menjadi penyebab suara burung kenari serak dikarenakan perawatannya yang salah.

Penyebab yang bisa timbul antara lain adalah Burung Kenari yang terlalu gemuk, burung kenari jarang dijemur, tenggorokan burung terinfeksi bakteri dan lain sebagainya. Burung kenari yang mempunyai sakit gondok juga bisa mempengaruhi suara kenari. Burung kenari yang tidak pernah dikerodong pada malam hari juga menjadi salah satu penyebab burung kenari mengalami “masuk angin”. Pada malam hari ada banyak angin malam yang masuk dalam pori-pori kulit kenari, termasuk pada bagian tenggorokan, sehingga mempengaruhi kotak suara kenari/ pita suara burung kenari.

Burung kenari, ternak kenari, cara mengatasi suara serak pada kenari, cara mengatasi suara serak atau hilang, cara mengatasi suara serak pada kacer
Burung Kenari Serak

Saat Anda mengetahui penyebab masalah yang menimbulkan Burung Kenari kehilangan suaranya, Anda harus mengatasi dengan beberapa cara, dan mungkin dengan cara ini suara burung kenari Anda bisa dapat kembali berkicau. Tentunya memiliki suara yang lantang dan merdu serta memiliki nilai jual yang tinggi pula

Bagaimana cara mengatasi suara Burung Kenari yang serak ?

  1. Yang pertama Anda lakukan adalah melakukan penjemuran secara rutin setiap hari, usahakan penjemuran burung kenari secukupnya saja antara jam 7 sampai jam 8 pagi.
  1. Melakukan terapi dengan menggunakan daun mengkudu muda, saat sedang memberikan daun mengkudu ini usahakan dengan menambahkan selada dan buah apel.
  1. Saat Anda sedang melakukan penyembuhan usahakan burung kenari jangan Anda jangan diberikan mentimun dan oyong (gambas). Karena sayuran tersebut mengandung getah yang dapat memperparah suara atau kicauan burung kenari.
  1. Usahakan Burung Kenari Anda jangan sampai kegemukan, apabila burung kenari mengalami kegemukan atasi dengan mengurangi pemberian pakan seperti kroto dan telur puyuh. Karena burung kenari yang mengalami kegemukan akan malas berkicau.
  1. Hentikan pemberian air minum dengan menggunakan air kran, usahakan pemberian air minum dengan air matang. Air mentah dan air kran tidak bagus untuk kesehatan Burung Kenari.
  1. Setelah melakukan beberapa proses itu usahakan burung kenari di kerodong setiap malam agar burung kenari merasa lebih nyaman.
Burung kenari, ternak kenari, cara mengatasi suara serak pada kenari, cara mengatasi suara serak atau hilang, cara mengatasi suara serak pada kacer
Burung Kenari Serak

Memiliki Burung Kenari yang mengeluarkan gacoran yang merdu setiap hari akan membuat senang para pemilik burung. Namun sangat disayangkan apabila tiba-tiba burung kenari memiliki suara yang terputus-putus bahkan tidak bersuara. Untuk menghindari itu semua, sebaiknya berikan perawatan yang baik.

Kata terkait:

Burung kenari, ternak kenari, cara mengatasi suara serak pada kenari, cara mengatasi suara serak atau hilang, cara mengatasi suara serak pada kacer

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s