Eksklusif: Rahasia Sukses Ternak Ayam Batik Kanada & Itali

Ayam Batik adalah ayam hias yang memiliki motif hampir sama dengan motif kain batik. Oleh karena itu di Indonesia ayam ini dikenal dengan ayam batik.

Ayam batik terdiri dari dua macam yaitu sebright warna coklat atau gold sebright disebut Ayam Batik Kanada sedangkan silver sebright disebut Ayam Batik Itali.

Ciri khas ayam tersebut terletak pada warna bulunya yang menyerupai motif batik. Ayam Batik ini memiliki postur tubuh yang relatif kecil dan bertelur kecil.

Ayam Batik Kanada sebenarnya adalah ayam sebright yang berasal dari Inggris dan dikembangbiakkan oleh Sir John Sebright.

Ayam ini mempunyai keunikan yaitu bulu batik pada tubuh dan ekor yang sama antara jantan dan betina.

Rata-rata berat badan Ayam Batik Kanada jantan adalah sekitar 600 gram, dan untuk betina sekitar 500 gram.

Dari segi produktifitas telur, Ayam Batik Kanada ini termasuk ayam yang rajin bertelur.

Hal itu bisa dibuktikan dalam satu tahun rata-rata ayam batik betina bisa bertelur antara 6-7 kali dengan jumlah telur sekitar belasan butir.

Ayam Batik Itali merupakan jenis ayam hias yang memiliki corak batik yang indah dengan warna dominan hitam dan putih di seluruh tubuhnya.

Ayam Batik Itali merupakan ayam yang lincah dan agresif.

Kandang ayam batik, ayam batik kanada, ayam batik itali, memelihara ayam batik, produktivitas ayam ayam batik, sejarah ayam batik
Ayam Batik Itali Usia 4 Bulan

Bagaimana ternak Ayam Batik Kanada dan Itali ?

  1. Persiapan Kandang

Sebelum membuat kandang perhatikanlah beberapa hal tersebut, yaitu pilihlah lokasi kandang yang jauh dari genangan air, tidak menyatu dengan rumah, dan terdapat ventilasi yang baik agar mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Apabila ingin berternak dengan jumlah besar sebaiknya membuat kandang yang cukup besar agar ayam bisa bebas berkeliaran dan bisa menghindari kelumpuhan pada ayam.

Baca Juga!  Kate Chabo Blacktail - Ayam Mungil dari Negeri Sakura Jepang

Setiap kandang berisi dengan perbandingan 1:10 yaitu 1 ayam batik jantan dan 10 ayam batik betina. Untuk hasil yang memuaskan bisa di buat perbandingan 1:5 atau 1:6.

  1. Perkawinan

Apabila ingin mengembangbiakkan indukan sebaiknya pilih ayam batik yang mempunyai corak cerah dan indah.

  1. Pemeliharaan

Dalam waktu 21 hari telur ayam di erami maka anak ayam batik akan menetas, apabila sudah menetas anak ayam di masukkan ke dalam box dan diterangi dengan lampu 40 watt, setelah 1 minggu lampu diganti dengan 20 watt.

Pakan yang digunakan yaitu Charoen Pokphand no. 511 yang dihaluskan dan berikan 3 x sehari.

  1. Pengendalian penyakit

Penyakit yang menyerang anak ayam bisa disebabkan oleh kotoran ayam yang jarang dibersihkan dan sirkulasi udara yang kurang memadai.

Penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada ayam yaitu tetelo, cacingan, pilek coryza/snot, diare, kekurangan vitamin B1 dan D.

Hal itu bisa dicegah dengan pembersihan kandang secara rutin.

Kandang ayam batik, ayam batik kanada, ayam batik itali, memelihara ayam batik, produktivitas ayam ayam batik, sejarah ayam batik
Ayam Batik Kanada Dewasa

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan Ayam Batik Itali ataupun Ayam Batik Kanada berkualitas :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Email : hobiternakmail@gmail.com

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA