Mengenal Teknik Ternak Ayam Batik Kanada dan Ayam Batik Itali

Mengenal Teknik Ternak Ayam Batik Kanada dan Ayam Batik Itali

Ayam Batik adalah ayam hias yang memiliki motif hampir sama dengan motif kain batik. Oleh karena itu di Indonesia ayam ini dikenal dengan ayam batik. Ayam batik terdiri dari dua macam yaitu sebright warna coklat atau gold sebright disebut Ayam Batik Kanada sedangkan silver sebright disebut Ayam Batik Itali. Ciri khas ayam tersebut terletak pada warna bulunya yang menyerupai motif batik. Ayam Batik ini memiliki postur tubuh yang relatif kecil dan bertelur kecil.

Ayam Batik Kanada sebenarnya adalah ayam sebright yang berasal dari Inggris dan dikembangbiakkan oleh Sir John Sebright. Ayam ini mempunyai keunikan yaitu bulu batik pada tubuh dan ekor yang sama antara jantan dan betina. Rata-rata berat badan Ayam Batik Kanada jantan adalah sekitar 600 gram, dan untuk betina sekitar 500 gram. Dari segi produktifitas telur, Ayam Batik Kanada ini termasuk ayam yang rajin bertelur. Hal itu bisa dibuktikan dalam satu tahun rata-rata ayam batik betina bisa bertelur antara 6-7 kali dengan jumlah telur sekitar belasan butir.

Ayam Batik Itali merupakan jenis ayam hias yang memiliki corak batik yang indah dengan warna dominan hitam dan putih di seluruh tubuhnya. Rata-rata berat badan Ayam Batik Itali jantan adalah sekitar 600 gram, sedangkan untuk betina sekitar 500 gram. Ayam Batik Itali merupakan ayam yang lincah dan agresif.

Kandang ayam batik, ayam batik kanada, ayam batik itali, memelihara ayam batik, produktivitas ayam ayam batik, sejarah ayam batik

Ayam Batik Itali Usia 4 Bulan

Bagaimana ternak Ayam Batik Kanada dan Itali ?

  1. Persiapan Kandang

Sebelum membuat kandang perhatikanlah beberapa hal tersebut, yaitu pilihlah lokasi kandang yang jauh dari genangan air, tidak menyatu dengan rumah, dan terdapat ventilasi yang baik agar mendapatkan sinar matahari yang cukup. Apabila ingin berternak dengan jumlah besar sebaiknya membuat kandang yang cukup besar agar ayam bisa bebas berkeliaran dan bisa menghindari kelumpuhan pada ayam. Setiap kandang berisi dengan perbandingan 1:10 yaitu 1 ayam batik jantan dan 10 ayam batik betina. Untuk hasil yang memuaskan bisa di buat perbandingan 1:5 atau 1:6.

  1. Perkawinan

Apabila ingin mengembangbiakkan indukan sebaiknya pilih ayam batik yang mempunyai corak cerah dan indah.

  1. Pemeliharaan

Dalam waktu 21 hari anak ayam batik akan menetas, apabila sudah menetas anak ayam di masukkan ke dalam box dan diterangi dengan lampu 40 watt, setelah 1 minggu lampu diganti dengan 20 watt. Pakan yang digunakan yaitu Charoen Pokphand no. 511 yang dihaluskan dan berikan 3 x sehari.

  1. Pengendalian penyakit

Penyakit yang menyerang anak ayam bisa disebabkan oleh kotoran ayam yang jarang dibersihkan dan sirkulasi udara yang kurang memadai. Penyakit yang bisa menyebabkan kematian pada ayam yaitu tetelo, cacingan, pilek coryza/snot, diare, kekurangan vitamin B1 dan D. Hal itu bisa dicegah dengan pembersihan kandang secara rutin.

Kandang ayam batik, ayam batik kanada, ayam batik itali, memelihara ayam batik, produktivitas ayam ayam batik, sejarah ayam batik

Ayam Batik Kanada Dewasa

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan Ayam Batik Itali ataupun Ayam Batik Kanada berkualitas :

Call/SMS :
081220288686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888 

Email :
hobiternakmail@gmail.com

Kata terkait:

Kandang ayam batik, ayam batik kanada, ayam batik itali, memelihara ayam batik, produktivitas ayam ayam batik, sejarah ayam batik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s