Mengenal Sejarah Ayam Cemani

Sejarah Ayam Cemani

Ayam Cemani adalah ayam hias yang berasal dari Indonesia dengan warna hitam pada sekujur tubuhnya.  Ayam ini lebih tepatnya berasal dari wilayah Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan sejak zaman Kerajaan Majapahit. Pemilik pertama ayam ini adalah petapa sakti bernama Ki Ageng Mangkuhan. Namun, pada waktu itu ayam cemani memiliki paruh dengan warna putih dan digunakan untuk mengobati penyakit seorang anak pejabat di daerah Ki Ageng Mangkuhan, dan akhirnya penyakit anak tersebut dapat terobati.

Setelah berhasil mengobati anak tersebut, ayam cemani dikawinkan dengan ayam lainnya yang sama sama memiliki warna hitam. Dari hasil perkawinan tersebut, ayam yang menetas justru berwarna hitam legam, termasuk paruhnya juga berwarna hitam. Oleh karena itu ayam tersebut diberi nama ayam cemani, yang diambil dari bahasa sansekerta yang artinya ayam hitam legam.

Saat ini jumlah ayam cemani semakin menurun oleh karena itu tidak heran apabila harganya mahal. Hal itu disebabkan karena perkembangbiakkannya cukup terbatas dan hanya di wilayah Indonesia dan Eropa saja.

asal usul ayam cemani, cemani sukoharjo, cemani chicken, ayam cemani, kambing gembrong, onagadori

Ayam Cemani Dewasa Jantan

Mengapa warna Ayam Cemani hitam sedangkan telurnya berwarna putih ?

Mungkin sebagian orang masih bertanya-tanya mengapa warna ayam cemani bisa hitam. Namun pada penelitian dikatakan warna hitam pada ayam cemani terjadi akibat kondisi genetik unik yang disebut dengan fibromelanosis.

Dan yang paling mengherankan dari ayam cemani adalah telurnya yang berwarna putih. Telur ayam cemani memiliki warna dan bentuk yang sama dengan telur pada umumnya, yaitu berwarna putih tulang atau krem dengan bintik bintik merah muda. Ketika ditelusuri dengan melihat bagian dalam dari telur tersebut pun tetap sama dengan telur ayam pada umumnya. Warna hitam baru muncul setelah embrio ayam cemani muncul.

Menurut penelitian warna telur putih disebabkan karena proses fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam dan tidak menular ke cangkang telur. Hal ini disebabkan cangkang telur terdiri dari kristal kalsium karbonat yang pada dasarnya sama di semua jenis ayam.

asal usul ayam cemani, cemani sukoharjo, cemani chicken, ayam cemani, kambing gembrong, onagadori

Ayam Cemani Dewasa

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cemani, kami menyediakan telur ayam cemani yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam cemani dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:

asal usul ayam cemani, cemani sukoharjo, cemani chicken, ayam cemani, kambing gembrong, onagadori

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s