6 Manfaat Kerodong Bagi Kesehatan Burung Kenari

Burung kenari merupakan burung kicauan yang berwarna kuning dan sangat indah. Untuk para penghobi burung, banyak yang menggunakan kerodong tetapi hanya untuk melindungi burung dari angin.

Mengapa Burung Kenari perlu dikerodong ?

Cukup banyak fungsi kerodong untuk burung kicauan, terutama untuk burung yang siap untuk dilombakan. Hanya saja tidak semua tipe kerodong dikatakan layak sebagai kerodong burung. Karena syarat kerodong yang baik adalah tiap kerodong harus bisa membuat Burung Kenari tenang serta merasa terlindungi di dalamnya dan dapat mendapat suplai udara dengan baik.

Kerodong yang baik yaitu memakai kain transparan, yang tidak terbuat dari kain yang terlalu tebal maupun tipis. Hal itu cocok dengan sifat burung yang senang dengan situasi tenang, sehingga apabila diberikan kerodong dari kain yang tidak tebal cahaya dari luar tetap mudah masuk ke dalam dan burung tetap dapat melihat situasi di luar kandang.

Memberikan kerodong yang tidak terlalu tebal membuat Burung Kenari lebih nyaman. Namun apabila kerodong sedikit tebal dapat membuat kandang menjadi gelap, sehingga burung lebih senang beristirahat dan menjadi malas makan. Apabila hal ini semakin lama terjadi akan mengakibatkan kondisi burung mengalami penurunan serta malas berbunyi.

Warna kerodong juga berpengaruh pada Burung Kenari, maka dari itu pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok atau terlalu gelap. Contoh warna yang disukai Burung Kenari adalah hijau muda, kuning muda, biru muda atau yang lainya.

Untuk menguji apakah kerodong baik untuk burung adalah dengan mengerodongkan dikepala Anda, dari dalam kerodong Anda dapat melihat keluar kerodong atau tidak, bila Anda bisa melihat keluar dengan jelas berarti kerodong itu cukup bagus untuk burung kenari.

Burung kenari, jual kenari, kerodong kenari, perlukah kenari dikerodong, fungsi kerodong, manfaat kerodong
Kerodong Bagi Kenari

Apa manfaat kerodong untuk Burung Kenari?

  1. Menghangatkan suhu di dalam kandang

Ketika Anda menjemur Burung Kenari, maka kerodong bisa digunakan untuk membantu mempercepat proses pemanasan dan penghangatan suhu di dalam kandang. Menjemur burung juga merupakan kebiasaan baik yang dapat membantu burung menjadi lebih sehat. Selain itu burung kenari tidak merasa kedinginan karena terkena terpaan angin.

  1. Menjaga Burung Kenari agar tidak stres

Kerodong berguna untuk mencegah agar Burung Kenari tidak merasa stres. Burung bisa merasa stres apabila harus berhadapan dengan lingkungan yang baru dan membuatnya tertekan. Dengan menggunakan kerodong, kenari bisa terhindar dari stres, karena menggunakan kerodong membuat burung kenari lebih nyaman berada di kandangnya.

  1. Mencegah burung dari gangguan binatang lain yang dapat mengganggu kesehatannya

Hewan pengganggu merupakan hewan yang dapat mengganggu kenyamanan kenari. Burung Kenari dapat terserang penyakit apabila digigit atau memakan hewan tertentu. Kerodong berguna untuk menutupi kandang agar burung terhindar dari segala bentuk gangguan dari binatang lain yang dapat mengganggu kesehatan Burung Kenari.

  1. Kerodong sebagai hiasan kandang

Manfaat penggunaan kerodong di kandang burung adalah sebagai hiasan. Saat ini kerodong sudah banyak dibuat berbagai macam jenis motif dan warna. Kebanyakan para penghobi burung memilih kerodong yang memiliki motif dan warna yang menarik, sehingga meningkatkan nilai keindahan yang dimiliki oleh kandang burung tersebut.

  1. Mencegah burung terkena hujan dan cuaca buruk

Burung Kenari bisa mengalami kondisi tubuh yang tidak baik apabila terkena hujan dan cuaca buruk. Penggunaan kerodong tidak hanya sebagai dekor saja, tetapi mampu melindungi burung kenari dari cuaca buruk dan hujan yang bisa menyebabkan Burung Kenari Anda terserang penyakit.

  1. Mencegah burung kepanasan dan merasa nyaman saat dibawa kemanapun

Manfaat kerodong yang paling banyak dilakukan adalah sebagai penutup kandang burung saat burung akan dibawa ke tempat lain menggunakan kendaraan roda dua. Kerodong ini berfungsi untuk mencegah agar burung tidak stres karena kepanasan. Selain itu, dengan menggunakan kerodong suhu di dalam kandang menjadi lebih stabil. Hal itu akan membuat Burung Kenari lebih nyaman dan tidak menyebabkan Burung Kenari stres karena dibawa berkeliling daerah yang panas dan banyak gangguan yang menyebabkan kesehatan burung kenari terganggu.

Yang perlu Anda ingat, meski kerodong mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan burung di dalam kandang, namun kerodong pun juga bisa menyebabkan Burung Kenari Anda terganggu kesehatannya. Hal itu bisa terjadi apabila kerodong untuk menutup kandang tidak tejaga kebersihannya dengan baik sehingga dapat mengganggu kesehatan burung kenari.

Burung kenari, jual kenari, kerodong kenari, perlukah kenari dikerodong, fungsi kerodong, manfaat kerodong
Manfaat Kerodong Bagi Burung Kenari

Karena itu, Anda harus rutin membersihkan kerodong dan juga mencucinya. Gunakanlah detergen atau shampo khusus untuk mencuci kerodong, sehingga kerodong untuk menutupi kandang Burung Kenari menjadi bersih dan kenari pun akan terhindar dari penyakit.

Kata terkait:

Burung kenari, jual kenari, kerodong kenari, perlukah kenari dikerodong, fungsi kerodong, manfaat kerodong

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s