5 Tips Merawat Burung Kenari Pada Musim Dingin/ Penghujan

Burung Kenari adalah salah satu burung yang memiliki banyak macam jenis. Burung kenari adalah salah satu burung yang peminatnya sangat banyak. Perawatan yang mudah dan tidak memakan biaya yang banyak menjadi alasan bagi penghobi burung memilih burung kenari menjadi burung peliharaannya. Kelebihan burung kenari yaitu suaranya yang merdu, didukung dengan keindahan bulu dan postur tubuhnya yang mungil. Tetapi bagaimana cara Anda merawat burung kenari saat musim hujan.

Mengantisipasi hal buruk yang muncul pada burung peliharaan merupakan hal yang harus Anda lakukan setiap saat. Dalam pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan dan juga sebaliknya menjadi hal yang perlu Anda waspadai, karena banyak kasus yang terjadi seperti burung menjadi lesu, terserang berbagai penyakit bahkan mengalami kematian secara mendadak/ tiba-tiba. Merawat Burung Kenari sebenarnya tidak berbeda dengan perawatan saat musim kemarau. Hanya ada cara alternatif untuk mempertahankan suhu tubuhnya agar tetap hangat. Karena jika tubuh kenari terpengaruh dengan cuaca, maka kemungkinan burung kenari akan mudah sakit. Misalnya sakit diare, kaki berjamur dan burung juga bisa kehilangan nyawanya.

Apa saja tips untuk menjaga burung agar tetap sehat pada musim penghujan?

  1. Makanan dan minuman

Makanan utama Burung Kenari adalah biji-bijian. Pakan yang cocok untuk diberikan pada burung kenari saat musim hujan adalah makanan yang mengandung kalori yang tinggi sehingga dapat menjaga suhu burung agar tetap hangat. Di luar musim hujan, burung kenari sudah terbiasa terkena panas. Hal itu dapat memberi tambahan energi sehingga burung tetap aktif. Apabila konsumsi pakan kurang memadai, burung akan mengalami penurunan berat badan dan sistem kekebalan tubuhnya menurun. Akibatnya, Burung Kenari mudah sakit dan kerap mengembangkan bulu-bulunya. Contoh makanan yang mengandung kalori tinggi :

  • Oatmeal

Adalah makanan yang berbuat dari gandum, mengandung serat yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga daya tahan tubuh kenari saat musim penghujan. Cara pemberian oatmeal bisa Anda letakkan di dalam tempat yang terpisah dan oatmeal ini sangat cocok diberikan pada burung kenari saat siang hari.

Burung kenari, kenari, ternak kenari musim hujan, jual kenari, tips merawat kenari lokal, merawat kacer musim hujan
Oatmeal untuk Pakan Burung Kenari
  • Roti tawar

Roti tawar juga mengandung kalori yang cukup tinggi untuk menjaga suhu tubuh burung agar tetap hangat. Roti tawar banyak mengandung karbohidrat. Cara pemberiannya bisa digantungkan dalam sangkar.

Burung kenari, kenari, ternak kenari musim hujan, jual kenari, tips merawat kenari lokal, merawat kacer musim hujan
Roti Tawar untuk Pakan Kenari
  • Kwaci hitam

Burung kenari merupakan burung pemakan biji-bijian. Sebagai pemakan bijian, kenari sangat suka dengan kwaci hitam. Kwaci hitam ini dapat membantu menjaga ketahanan tubuh kenari dari musim penghujan.

Kwaci Hitam untuk Pakan Kenari
Kwaci Hitam untuk Pakan Kenari
  1. Hindarkan Burung Kenari dari terpaan angin kencang

Terpaan angin yang kencang secara langsung bisa membuat kondisi burung mudah drop. Sangat dianjurkan memindahkan kandang ke dalam ruangan atau ke tempat yang lebih aman.

  1. Lengkapi kandang dengan lampu penghangat

Apabila Burung Kenari tidak mendapatkan sinar matahari langsung selama beberapa hari akibat cuaca mendung, Anda bisa mengakali dengan memberikan lampu penghangat di dalam kandang. Lampu yang digunakan bisa lampu biasa yang berwarna kuning atau lampu full spektrum. Dengan bantuan lampu penghangat, suhu tubuh burung kenari akan tetap terjaga. Alternatif lainnya adalah dengan menempatkan kandang burung kenari dalam ruangan yang cukup hangat.

  1. Jangan terlalu sering memandikan Burung Kenari

Bila Anda ingin memandikan Burung Kenari harus disesuaikan dengan cuacanya. Bila cuaca mendung dan tidak ada panas matahari jangan dipaksakan untuk memandikan Burung Kenari, karena ini dapat membuat burung kenari kedinginan dan kemudian drop.

  1. Segera jemur kenari apabila ada sinar matahari

Pada saat musim penghujan sinar matahari yang didapatkan burung kenari tidak terlalu banyak. Maka dari itu apabila ada panas matahari segera jemur burung kenari secukupnya. Penjemuran ini sangat bermanfaat supaya tubuh kenari hangat dan tetap sehat.

Kata terkait:

Burung kenari, kenari, ternak kenari musim hujan, jual kenari, tips merawat kenari lokal, merawat kacer musim hujan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s