Manfaat Memilih Menggunakan Metode Umbaran untuk Kandang Ayam Anda

Bagi peternak sapi atau domba, membiarkan hewan ternak berkeliaran di luar kandang adalah hal yang biasa. Untuk peternak ayampun dapat melakukan hal yang sama walaupun ada beberapa resiko bila ayam-ayam tersebut berkeliaran. Saat kita memberi makan ayam, kita bisa melihat adanya interaksi diantara mereka. Mereka tampak fokus memakan makanan yang ada dihadapan mereka, sesekali nampak ayam jago mematuk ayam yang ada disebelahnya. Para betina yang mempunyai anak yang masih kecil berusaha keras melindungi anaknya, terkadang bulu mereka mekar sekedar memperlihatkan perlawanan mereka terhadap kawanan yang mengganggu anaknya.

Memang butuh pelatihan agar ayam anda terbiasa berkeliaran namun tentunya tetap aman dari predator pengganggu maupun pencuri yang siap membawa lari ayam anda. Jika anda bukan peternak besar yang mempunyai ribuan ekor ayam, anda dapat mencoba ayam anda untuk diumbar diluar kandang.

Ada beberapa hal yang patut anda perhatikan ketika ayam itu diumbar. Area yang dijadikan tempat berkeliarannya ayam sebaiknya cukup luas, serta berpagar tinggi agar ayam tidak mudah terbang keluar kandang namun pastikan pagar tidak terbuat dari kawat berduri. Kawat memang bisa meminimalisir pencuri yang akan masuk, namun bisa membuat ayam anda terluka. Untuk ayam yang masih kecil-kecil sebaiknya jangan dicampur dengan ayam jago. Dikhawatirkan bisa dijadikan sasaran keganasan ayam jago. Untuk anakan ayam sebaiknya bagian bawah pagar dibuat rapat agar mereka tidak bisa menerobos keluar. Bisa dibayangkan bila mereka keluar pagar, anda harus berlari, menghalau ke kandang dan menangkap mereka. Sungguh merepotkan, bukan?

Ada beberapa manfaat dengan melepas-liarkan ayam anda:

  1. Biaya pakan berkurang

    Ketika ayam berkeliaran , mereka akan makan sesuatu yang dijumpai diluar kandang seperti biji-bijian, buah-buahan, cacing, semut, laron, bekicot dan berbagai hewan lainnya. Itu artinya anda bisa lebih menghemat pengeluaran untuk pakan mereka.

  2. Kandungan daging dan telur lebih sehat dibandingkan ayam yang dikurung didalam kandang dengan luas terbatas. Ayam yang diumbar makannya lebih alami terbebas dari pakan ayam yang mengandung pengawet, bebas bergerak yang menyebabkan daging mereka lebih padat,

  3. Pengendali serangga yang baik

    Ayam suka makan berbagai macam serangga. Ketika mereka bebas berkeliaran, mereka dapat menangkap lebih banyak serangga.

  4. Pemupukan dan mengaerasi tanah

    Ayam suka melakukan rutinitas menggaruk, mamatuk dan membuang kotoran ditanah. Secara tidak langsung ikut berperan dalam menyuburkan tanah.

  5. Lebih alami

    Dengan diumbar ayam bisa beraktivitas yang memang naluri dia sebagai ayam. Misalnya menggaruk dan menggali tanah, menceker-ceker tanah untuk mencari makanan, sesekali terbang rendah, mengkibas-kibaskan sayapnya, berjemur dibawah sinar matahari, berteduh dibawah pohon bahkan mandi debu dikubangan tanah. Semua itu tidak bisa dilakukan jika ayam dikurung di dalam kandang.

    Manfaat Memilih Menggunakan Metode Umbaran untuk Kandang Ayam Anda
    CONTOH KANDANG PORTABLE – Manfaat Memilih Menggunakan Metode Umbaran untuk Kandang Ayam Anda

Meskipun begitu ada sisi kelemahan juga ayam dibiarkan diluar kandang:

  1. Ancaman para predator

    Ayam mempunyai musuh yang kapan saja bisa menyantapnya hidup-hidup. Beberapa contohnya adalah tikus, ular, burung elang, burung hantu, anjing. Binatang itu akan senang sekali bila ayam berada diluaran karena mereka tidak mempunyai kesulitan yang berarti ketika akan menerkam mereka dan mereka bisa lebih cepat untuk melarikan diri ketika peternak datang.

    Untuk mengantisipasi, anda dapat melakukan beberapa hal:

  • Menyadari ancaman itu

    Ayam biasanya kan berkotek-kotek ketika ada bahaya datang. Nah, anda sebagai peternak harus peka dengan suara kebisingan yang terdengar tidak seperti biasanya.

  • Memberi komposisi ayam jantan yang cukup

Kebanyakan ayam jantan secara naluriah akan melihat keluar jika melihat predator datang. Dia selalu mengawasi setiap adanya ancaman yang mengganggu.

  • Memiliki kandang portable yang bisa berjalan

    Dengan memiliki kandang portable anda dapat bergerak disekitar areal umbaran dan dapat menjaga ayam sepenuhnyadi area yang terdekat dengan anda.

2. Cuaca

Salah satu bahaya dari ayam yang diumbarkan adalah cuaca yang sering berubah. Sebaiknya anda

mempunyai kandang yang mempunyai naungan, jadi pada saat hujan turun, ayam-ayam anda dapat berteduh dengan tenang didalam kandang.

Jika ayam diumbar resiko lain adalah telur yang tidak menetap disarang telur. Adakalanya ayam meletakkan telur dibawah pohon yang tertutup dedaunan, dibawah tumpukan kayu, dilubang dalam tanah. Jika anda menyimpan telur di kotak sarang dalam minggu pertama atau kedua, kemungkinan saat mereka berada diluar kandang, mereka telah terbiasa meletakkan telur dikotak sarang.

Anda dapat meletakkan kotak sarang diluar kandang walaupun pada tahap awal ada penurunan jumlah telur yang dihasilkan perharinya.

3. Kerusakan tatanan taman

Jika anda memiliki taman yang banyak terdapat bunga, anda perlu menjaganya agar tidak menjadi sasaran tempat menggaruk, mematuk dan tempat bermain debu yang nyaman bagi ayam anda. Usahakan kandang ayam atau tempat ayam mengumbar lokasinya tidak bersebelahan atau berdekatan dengan taman. Dikhawatirkan ayam dapat terbang hingga menyeberang ke taman anda yang asri.

Ayam yang terlalu sering diumbar cenderung sulit untuk diajak masuk ke dalam kandang. Perlu dilakukan pelatihan agar ayam terbiasa masuk kembali ke kandang. Untuk beberapa minggu pertama sebaiknya anda mengurung ayam dalam kandang. Dia juga diajarkan meletakkan telur didalam kotak sarang. Dengan begitu ayam akan tahu bahwa kandang merupakan ‘rumah’nya tempat dia kembali setelah seharian diumbar diluar kandang.

Setelah seminggu berada dikandang, saat sore hari menjelang senja, coba perkenalkan mereka sejenak dengan lingkungan diluar kandang. Bukalah pintu kandang maka mereka akan keluar dengan sendirinya. Saat mereka keluar, pintu biarkan dalam keadaan terbuka sehingga ayam dapat bebas keluar masuk kandang. Dalam beberapa minggu, awasi mereka supaya jangan terlalu jauh berjalan keluar kandang. Setelah terbiasa, mereka akan hafal sehingga jika saat senja tiba, mereka akan bersama-sama masuk kembali ke dalam kandang.

Jika anda ingin mereka pulang ke kandang pada siang hari, anda dapat memanggil mereka dengan panggilan khas ayam.Kur..kur.. bawalah beberapa makanan ayam seperti beras, voer atau BR, jagung giling yang bisa mengundang mereka untuk segera kembali pulang ke kandang. Taburkan beberapa makanan disepanjang jalan agar mereka mengikuti kita. Saat itu biarkan pintu kandang dalam keadaan terbuka. Setelah mereka masuk ke dalam kandang, segera tutup pintu kandang. Perlu beberapa minggu agar mereka terbiasa. Setelah terbiasa, hal itu akan menjadi mudah bagi anda untuk memangil mereka kembali ke kandang.

Kami menyediakan ayam hias dari telur, anakan atau bibit sampai indukan ayam hias. Kami juga menjual mesin penetas telur otomati. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

Telkomsel :

0812-2028-8686

(Call/SMS)

IM3 :

0856-4772-3888

(Call/SMS/Whatsap)

kata terkait:

pembuatan kandang ayam, kandang ayam broiler, kandang ayam kampung, jual kandang ayam, kandang ayam petelur, bisnis ternak ayam, kandang ayam ketawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s