Cara Membuat Pakan Ayam yang Terbuat dari Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Ayam dan Menekan Biaya Pakan Ternak

Saat ini dipasaran banyak sekali pakan ayam yang siap pakai. Dari yang berharga murah hingga yang mahal semua tersedia. Tinggal kita mau memilih yang mana, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang ada. Selain praktis, dengan membeli kita tidak membuang waktu banyak dibandingkan dengan kita membuat sendiri pakan untuk ayam-ayam kita. Namun bila kita mempunyai banyak unggas dirumah, banyak anggaran yang harus kita keluarkan per bulannya. Belum lagi kandungan pakan ternak yang belum bisa dijamin nilai gizinya.

Memang akan lebih terasa menyenangkan bila kita bisa membuat pakan untuk ternak kita sendiri. Disamping lebih menghemat pengeluaran, kita juga bisa memberikan pakan untuk ayam kita dengan bahan yang aman. Bagaimanapun, pakan yang dimakan oleh ayam akan berpengaruh pada produksi telur dan daging.

Cara Membuat Pakan Ayam yang Terbuat dari Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Ayam dan Menekan Biaya Pakan Ternak
Cara Membuat Pakan Ayam yang Terbuat dari Bahan Alami untuk Menjaga Kesehatan Ayam dan Menekan Biaya Pakan Ternak

Pakan yang baik mengandung beberapa zat gizi yang dibutuhkan oleh ayam :

protein, karbohidrat, lemak, air dan lain-lain. Perlu diketahui bahwa prosentase untuk ayam pedaging dan petelur berbeda-beda. Kebutuhan akan gizi ayam buras (ayam kampung) lebih rendah dibandingkan dengan ayam ras. Maka tidak mengherankan bila pertumbuhan ayam ras lebih cepat dibandingkan ayam buras.

Berdasarkan bahan untuk pakan ternak unggas, dapat digolongkan menjadi 3 bagian:

  • Bahan nabati seperti biji-bijian (jagung, kacang-kacangan), dedak, bekatul, beras merah

  • Bahan hewani seperti bekicot, keong, tepung ikan, tepung tulang, tepung kerang. Tepung ikan dapat meningkatkan produksi. Juga kandungan calsium cukup tinggi.

  • Bahan dari limbah industri udang

Sebelum membuat pakan, kita harus tahu dulu pakan untuk ayam apa yang akan kita buat. Jika untuk ayam kampung juga pedaging, prosentase tepung ikan lebih sedikit jika dibandingkan jika kita membuat untuk pakan ayam petelor. Ini bertujuan untuk memaksimalkan hasil produksi agar tepat guna.

Setelah mengetahui beberapa bahan yang digunakan untuk pakan ternak, mari kita mulai membuat pakan ternak untuk unggas dengan bahan-bahan yang mudah kita temui disekitar kita:

  1. Bahan biji-bijian seperti kacang hijau, kedelai dan jagung perlu direndam dalam air agar lebih mudah saat penggilingan. Setelah mengembang, segera digiling dengan menggunakan penggiling daging. Setelah selesai digiling, sisihkan.

  2. Buah-buahan dan sayur-sayuran seperti pepaya, kubis/kol, bayam, kangkung diiris kecil-kecil juga. Untuk pepaya perlu dikupas kulitnya terlebih dahulu. Jika ditempat anda ada enceng gondok, bisa digunakan juga.

  3. Campurkan dedak, katul, air gula , campuran buah-buahan, sayur-sayuran juga biji-bijian yang telah digiling halus. Tambahkan dengan tepung ikan. Setelah tercampur rata segera kukus hingga matang. Jika untuk sekali pakai, tanpa dikukus langsung diberikan ke unggas tidak apa-apa. Namun jika untuk stok selama beberapa hari, langkah yang tepat adalah dikukus terlebih dahulu.

  4. Selesai dikukus, segera digiling agar halus dan tercampur rata.

  5. Tahap terakhir dengan dijemur dibawah sinar matahari. Pastikan dalam keadaan yang kering sebelum anda menyimpannya.

    Nah, mudah bukan? Kini anda tidak terlalu bergantung kepada pakan ternak yang dijual dipasaran. Selain lebih hemat, bahan-bahan diatas mudah ditemui disekitar kita, mudah cara pembuatannya dan yang pasti bebas dari bahan pengawet. Dengan begitu anda dapat menekan pengeluaran akibat konsumsi pakan yang banyak untuk unggas anda.

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Kami menyediakan ayam hias dari telur, anakan atau bibit sampai indukan ayam hias. Kami juga menjual mesin penetas telur otomatis. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

Telkomsel :

0812-2028-8686

(Call/SMS)

IM3 :

0856-4772-3888

(Call/SMS/Whatsap)

Kata terkait:

cara membuat pakan ayam, daftar harga pakan ayam, cara membuat pakan ayam pedaging, pakan ayam kampung, pakan ayam pedaging, harga pakan ayam, pakan ayam petelur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s