Ayam Ketawa yang Memiliki Suara Unik saat ini Semakin Populer

Ayam ketawa terlihat seperti ayam kampung biasa. Dan saat ini dunia ayam hias makin diramaikan dengan kehadiran ayam jenis ini yakni ayam ketawa yang memiliki suara kokok yang khas. Ayam hias yang konon berasal dari kawasan Bugis Sulawesi ini dikenal memiliki suara kokok yang mirip dengan orang tertawa. Entah kenapa ada yang menyebutkan ada kokok ayam ketawa yang mirip suara kuntilanak.

Ayam ketawa secara sepintas bentuk fisiknya memang tidak jauh berbeda dengan ayam kampung kebanyakan, baik dari warna bulu maupun postur tubuhnya. Namun ayam ketawa akan terlihat saat mendengar alunan kokoknya yang seperti orang ketawa namun merdu.

Ayam Ketawa
Ayam Ketawa

Ayam ketawa yang pada awal mulanya populer di kawasan Kabupaten Sidrap ini kini laris manis dipasar pecinta ayam hias dengan harga yang cukup mahal. Harga ayam ketawa dengan kokok istimewa, misalnya seperti suara mak lampir bisa mencapai jutaan rupiah. Untuk ayam ketawa dewasa dengan kualitas biasa saja bisa mencapai 500 ribu hingga 1, 5 juta rupiah.

Ayam ketawa memiliki aneka jenis warna bulu, antara lain Kaliabo (perpaduan hitam dan jingga), Korro (kuning keemasan dan hitam), Bakka (dominan putih diselingi cokelat atau hitam), dan Balibi (cokelat keemasan), Barumpung, dan Bulu Ara.

Ayam Ketawa yang sekilas mirip ayam kampung biasa ini menjadi populer saat ayam ketawa seiring di adakan gelaran kontes ayam ketawa di berbagai kota. Anakan ayam ketawa jawara banyak dipesan, bahkan saat masih dalam bentuk telur. Biasanya orang memang lebih menyukai memesan anakan ayam ketawa juara kontes.

Ayam Ketawa Umur 5 Bulan
Ayam Ketawa Umur 5 Bulan

Bagaimana Merawat Ayam Ketawa?

Merawat ayam ketawa pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan ayam kampung biasa pada usia-usia awal. Sejak DOC ayam ketawa dipelihara dan diberi makan dengan makanan seperti Voer, menir, dedak, jagung giling dan lain sebagainya. Yang penting memenuhi kebutuhan makanan yang diperlukan oleh anak ayam ketawa. Selain itu perlu diberikan suplemen vitamin yang dicampurkan pada makanan atau minuman, hal ini penting untuk menjaga kesehatan ayam ketawa dan menunjang perkembangannya. Untuk mencegah manakan ayam ketawa terjangkit penyakit, perlu diberikan vaksinasi secara berkala, sesuai dengan petunjuk umum vaksinasi ayam ketawa.

Memasuki usia 4 bulan , ayam ketawa perlu dipelihara dengan lebih intensif. Pada usia ini ayam ketawa perlu dimandikan dan dijemur, paling tidak dua hari sekali. Memandikan ayam ketawa akan bermanfaat pada kesehatan bulu ayam. Bulu ayam akan lebih bersih dan bebas dari kutu, sehingga lebih sehat. Setelah mulai berkokok, ayam ketawa perlu dilatih untuk berada di atas tenggeran. Tenggeran dibuat dari kayu atau bahan lain di tempat yang lebih tinggi. Ini ditujukan untuk melatih mental ayam ketawa beradu kokok dengan ayam lainnya.

Ayam Ketawa Super Dewasa Jantan
Ayam Ketawa Super Dewasa Jantan

Suara ayam ketawa pada usia ini makanan ayam ketawa juga perlu dijaga, lebih baik diberikan makanan-makanan alami seperti seperti beras merah, jewawut, dan gabah. Untuk babon ayam ketawa diberikan makanan seperti makanan ayam petelur untuk meningkatkan produktivitas telurnya. Perawatan ayam ketawa yang baik dan benar akan menghasilkan ayam dengan kualitas kokok yang bagus dan indah, tentu saja jika genetiknya sudah bagus.

Untuk mendapatkan ayam ketawa berkualitas dengan harga terjangkau silahkan hubungi kami kapan saja di contact kami berikut:

Call/SMS : 0812-2028-8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email :hobiternakmail@gmail.com

Kata terkait:

Ayam hias, ayam ketawa juara, jual ayam hias, ternak ayam, ayam kapas

2 thoughts on “Ayam Ketawa yang Memiliki Suara Unik saat ini Semakin Populer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s