Tips Membuat Kandang Ayam Kalkun yang Baik

Tips Membuat Kandang Ayam Kalkun yang Baik

Kandang merupakan tempat yang paling tepat untuk berteduh dikala hujan maupun panas bagi hewan ternak kita. Untuk memulai sebuah peternakan  hal utama yang paling dapat kita persiapkan adalah kandang. Meskipun kandang juga tidak begitu digunakan bagi sebagian hewan yang suka diumbar, namun mereka juga akan membutuhkan kandang untuk melindungi dirinya diwaktu musim hujan

Ayam kalkun memang tergolong hewan yang tidak suka dikandangkan, hewan ini memilih untuk diumbar ke tempat yang terbuka. Akan tetapi kandang juga sangat diperlukan bagi anakan ayam, karena kalkun yang anakan masih belum tahan untuk menghadapi cuaca yang kurang baik.  Jika ingin membuatnya kita harus mengetahui lokasi-lokasi kandang yang tepat, selain itu kita harus memperhatikan kenyamanan serta keamanan lokasi kandang. Pilihlah lokasi yang jauh dari gangguan manusia, binatang maupun bencana alam yang mungkin bisa terjadi seperti banjir, tanah longsor dan bencana lainnya yang bisa membahayakan keselamatannya. Lokasi kandang yang baik adalah tempat yang dekat dengan perairan seperti danau, sungai atau sawah yang dimanfaatkan untuk ayam kalkun mencari tambahan makanan.

Tips untuk membuat kandang ayam kalkun yang baik

  1. Kandang untuk mengumbar

Ayam kalkun memerlukan tempat yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari agar dapat bergerak bebas. Kandang atau pekarangan sangat dibutuhkan untuk membatasi tempat bagi beraktivitasnya ayam kalkun. Tipe ayam kalkun memang tidak  liar, namun kandang berguna untuk melindunginya dari gangguan binatang lain. Jika kita mempunyai tanaman sayuran berupa hijau-hijauan jika kita tidak memilki pembatas berupa kandang, maka tanaman sayuran yang kita tanam akan habis dimakan kalkun. Karena kalkun sangat menyukai pakan berupa sayur-sayuran hijau seperti sawi, kangkung, eceng gondok dan sayuran hijau lainnya.

  1. Kandang untuk ayam kalkun umur 0-30 hari
Baca Juga!  Keunggulan Ayam Batik Kanada dibanding Jenis Ayam Lainnya

Kandang sangat diperlukan untuk ayam kalkun umur 0 sampai 1 bulan. Kandang yang tepat yaitu berupa boks yang hangat. Buatkan dengan bahan kayu atau bambu, bisa juga dengan menggunakan strimin dengan kerangka kayu. Pada alas kandang berikan koran sebagai penampu kotoran dan sisa-sisa makanan. Setelah koran sudah memuat banyak gantilah dengan koran yang baru sebagai alasnya. Ayam kalkun yang berumur 1,5-2,5 bulan biasanya membutuhkan kandang yang lebih leluasa. Kurangi jumlah ayam kalkun per boxnya jika sudah berumur 1,5-2,5 bulan

  1. Kandang untuk umur 2,5 bulan keatas

Untuk umur 2,5 bulan berikan kandang dengan ukuran sekitar panjang 2 meter, tinggi 70 cm dan panjang  80cm, biasanya kandang ini memuat 20 ekor. Untuk usia 3 bulan kurangi jumlah ayam yang ada dikandang, biasanya dapat dikurangi sejumlah 10, untuk ayam kalkun umur 3,5 bulan kurangi menjadi 8 ekor per boxs atau kandang.

  1. Kandang untuk pejantan

Buatlah kandang yang hanya dapat memuat 1 ekor ayam kalkun saja. Hal ini bertujuan untuk menghindari pertengkaran sesama pejantan

  1. Membuat kandang lantai

Ayam kalkun yang sudah berumur 2 bulan keatas sudah bisa ditempatkan di kandang yang terbuat dari semen. Agar ayam kalkun tidak kedinginan berikan lapisan alas berupa merang atau tangkai padi yang sudah kering supaya ayam merasa hangat.

  1. Kandang untuk mengerami

Buatlah box berbahan kayu atau plastik yang alasnya dilapisi merang atau jerami. Tempatkan dilokasi yang tersembunyi, agar ayam kalkun tidak terganggu pada saat proses pengeramannya

Kalkun Putih atau white holland turkey
Kalkun Putih atau white holland turkey

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

Baca Juga!  Galeri Foto Kalkun Black Spanish Terbaru

SMS/CALL/WHATSAPP

0812-2028-8686

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426

Telkomsel:
081220288686
0822-2123-5378

XL:
0819-3140-9353

Email : hobiternakmail@gmail.com

 

Kata terkait: Jual Ayam Kalkun, Harga Ayam Kalkun, Kandang Ayam Kalkun, Budidaya Ayam Kalkun, Foto Ayam Kalkun

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA