6 Faktor Penyebab Kelinci Mati Mendadak

6  Faktor Penyebab Kelinci Mati Mendadak

Ternak kelinci memang menjadi aktifitas yang menyenangkan, kelinci yang memiliki kebiasaan suka melompat ini membuat pemilik sering merasa gemas dan lucu saat melihatnya apalagi saat dielus-elus bulunya biasanya kelinci akan langsung tertidur pulas, tidak hanya itu saja hidungnya selalu bergerak-gerak keatas kadang membuat pemiliknya semakin gemas dengan kelincinya.

Peluang Usaha Ternak Ayam Pedaging & Petelur

Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia “BERGARANSI”

Hewan kelinci juga seperti binatang pada umumnya, terkadang kelinci juga mengalami sakit.

Ada yang sakit biasa bahkan ada yang sakitnya parah sampai mengalami kematian, itulah yang terkadang membuat orang merasa khawatir saat memeliharanya.

Bahkan ada beberapa kelinci yang tiba-tiba mati mendadak tanpa mengetahui penyebabnya, pemilik sering merasa kebingungan dengan apa yang terjadi dengan peliharaannya itu.

Namun kelinci yang mati mendadak itu juga karena beberapa faktor.

Kematian Kelinci Akibat Kembung
Kematian Kelinci Akibat Kembung

Apa saja faktor penyebab kelinci mati mendadak?

Berikut faktor penyebab kelinci mati mendadak

1. Bibit Kelinci

Hal ini dikarenakan ada penyedia bibit,yang menjual bibit diusia 1,5 bulan.

Padahal anakan kelinci membutuhkan susuan dari indukannya selama 8 minggu.

Tentunya hal ini akan membuat kelinci kurang asupan asi dari indukannya. Itulah yang membuat kelinci mati mendadak

2. Kebersihan Kandang Kelinci

Kandang yang kotor juga menjadi faktor kelinci bisa mati medadak, karena tempat yang kotor itu menjadi sarang penyakit bagi kelinci.

sebaiknya kandang dibagian alas dibuat agak renggang agar kotoran bisa langsung jatuh ke bawah kandang, namun bila alas kandang rapat bisa diberikan tempat penampung kotoran, sehingga saat kandang dibersihkan penampung tersebut tinggal diangkat lalu dibuang kotorannya

Baca Juga!  Perlu Kita Ketahui 2 Jenis Kelinci Asli Indonesia

3. Jenis Makanan Kelinci

Memang jenis makanan yang berasal dari hijau-hijauan kelinci sangat menyukainya, namun perlu diketahui bahwa ada beberapa sayuran hijau seperti kangkung dan kubis yang memiliki kadar gas yang tinggi, jika sayuran itu diberikan secara terus-terusan tentunya akan memenuhi saluran pencernaannya hal ini akan mengakibatkan gangguan saluran pernafasan dan berujung kematian.

Kelinci Rex
Kelinci Rex

4. Makanan Sudah Kadaluarsa

Hal ini bisa terjadi jika membeli pakan kering seperti pelet Kelinci atau konsentrat, jadi saat ingin membeli pakan kering Kelinci kita perlu mengecek tanggal kadaluarsa pakan tersebut

5. Predator

ini merupakan faktor yang mudah untuk ketahui, jika disekitar kandang banyak binatang-binatang predator seperti anjing, kucing dan ular, ketiga hewan tersebut biasanya menjadi pemangsa kelinci.

maka dari itu kita perlu memperhatikan lingkungan sekitar kandang, pilihlah lokasi kandang yang benar-benar aman dari gangguan hewan pemangsa.

6. Keracunan

Ini bisa saja menjadi faktor kelinci mati mendadak, apalagi untuk kelinci yang diumbar.

karena kelinci memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga ia bisa saja makan meminum bahan kimia rumah tangga seperti sabun, pencuci piring dan pembersih lantai yang memiliki zat kimia yang tidak terlihat sehingga mengakibatkan kelinci mati mendadak.

Dari beberapa faktor yang ada, peternak perlu untuk memperhatikan apapun yang ada disekitar kandang, selain itu kita juga perlu mengecek jenis pakan tambahan yang dibeli di toko pakan terdekat.

Kelinci Lion Head
Kelinci Lion Head

 

5/5 - (21 votes)
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA