4 Hal yang Perlu Anda Perhatikan dalam Mempersiapkan Kandang Ayam Kampung Super 

Kandang memegang peran penting dalam pemeliharaan ayam kampung super, oleh karena itu dalam pembuatannya kita harus cermat.  Untuk membuat kandang yang di perlukan adalah ekonomis, daya tahan yang tinggi, serta aman dan nyaman bagi ayam. Lingkungan yang nyaman dan aman akan mempengharuhi produktivitas yang dihasilkan ayam. Berikut beberapa hal penting dalam mempersiapkan kandang Ayam Kampung Super

Indukan Jantan Ayam Jawa Super
Indukan Jantan Ayam Jawa Super

 

  1. Pemilihan lokasi

Dalam mempersiapkan kandang, lokasi kandang adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Lokasi kandang sangat menentukan hasil yang akan kita capai. Sebaiknya lokasi yang tepat adalah yang jauh dari pemukiman penduduk, mudah dilalui transportasi, dekat dengan pasar dan mudah untuk dijangkau saat pengadaan pakan.

Kandang yang jauh dari pemukiman penduduk bermaksud untuk menghindari bau kotoran sampai ke pemukiman sehingga mengganggu. Selain itu  kandang yang jauh dari pemukiman warga bertujuan untuk melindungi ayam dari bencana seperti banjir maupun kejahatan baik manusia maupun binatang buas yang ingin mengganggunya.

Alangkah baiknya bila lokasi kandang yang dekat dengan sumber air yang tidak mengenal musim artinya meskipun musim kemarau tiba sumber air ini tidak kekeringan.

  1. Sistem Kandang

Pemeliharaan ayam membutuhkan  2 jenis sistem kandang. Pemeliharaan Ayam memiliki dua fase yaitu fase starter  dan fase grower. Pada fase starter, DOC umur 1-4 minggu membutuhkan kandang dengan sistem tertutup. Kandang dibuat berbentuk box atau kotak dengan sistem brooder ( indukan buatan). Brooder adalah sistem penghangat yang diberikan untuk ayam masih DOC. Biasanya brooder berupa listrik.

Pada fase grower umur 4-6 minggu biasana dibuatkan kandang dengan sistem semitertutup. Pada fase grower ini, ayam membutuhkan kandang yang sudah memiliki alas atau  dengan dinding yang lebih tinggi. Untuk penutupnya bisa dibuat menggunakan kawat terbuka. Untuk melindungi ayam pada saat musim hujan, buatkan penutup kandang yang tertutup, agar sewaktu-waktu dapat kita pasang diwaktu hujan tiba.

  1. Kriteria Kandang

Kandang yang baik adalah kandang yang memiliki ventilasi udara. Sehingga udara akan keluar masuk dalam kandang. Sehingga kandang tidak pengap. Arah kandang yang baik adalah menghadap ketimur sehingga ayam kandang dapat terkena sinar matahari sehingga ayam sehat.

Jenis kandang terdapat dua macam yaitu kandang permanen dan kandang semi permanen. Kandang permanen dapat dibuat dengan berbahan semen seperti tembok. Untuk kandang semi permanen dapat dibuat dengan berbahan kayu atau bilah bambu. Dengan kandang semi permanen kita dapat membongkar dan memasangnya lagi.

Selain itu kita juga perlu memperhatikan atap, dinding dan lantainya

  • Atap

Atap yang baik adalah atap yang dapat mengurangi cahaya panas matahari. Atap yang tepat untuk kandang ayam terbuat dari atap berbahan genting, asbes maupun seng

  • Dinding

Dinding adalah pembatas ruang gerak bagi ayam. Kandang dengan sistem terbuka biasanya dinding terbuat dari bilah bambu atau kawat terbuka.

  • Lantai Kandang

Lantai kandang biasanya menggunakan litter, alas lantai seperti ini lebih ekonomis. Sehingga kita hanya membuat ventilasi udara yang baik

Jarak kandang yang baik adalah sekitar 7 m, jarak yang cukup jauh ini bertujuan untuk mengatur sirkulasi udara agar tetap berjalan. Jarak kandang yang dekat akan membuat sirkulasi udara tidak lancar

  1. Perlengkapan Kandang

Perlengkapan kandang seperti tempat makan dan minum sangat diperlukan. Ukuran tempat makan dan minum sesuai dengan jumlah ayam yang ada dalam kandang. Perlengkapan lain seperti sapu juga diperlukan untuk membersihkan kandang.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam Kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait :

Ayam Kampung Super, DOC Ayam Kampung Super, Kandang Ayam Jawa Super, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Ayam Kampung Super, Ternak Ayam Kampung Super

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s