Hal Menarik dari Sebutir Telur Ayam

Salah satu hal yang penting dari ayam adalah sel telur. Ayam jantan disamping bertugas untuk membuahi betina agar menghasilkan telur yang fertil juga mempunyai tugas sampingan yaitu penjaga bagi ayam betina. Ada kalanya ayam mendapat ancaman dari binatang lain dan ayam jantan dapat membantu mengusir hewan pengganggu itu. Juga membantu mencarikan makanan bagi ayam betina. Walaupun dalam satu kandang terdapat lebih dari seekor ayam jantan, tidak menjamin bahwa semua ayam betina yang terdapat di kandang itu dapat dibuahi. Ada kalanya betina ketika akan dibuahi tetapi menolak dan lebih memilih untuk menghindar.

Hal Menarik dari Sebutir Telur Ayam
Hal Menarik dari Telur Ayam

Kemudahan saat kita beternak ayam yakni ayam tidak memiliki siklus kawin. Kapan saja mereka dapat kawin dan berkembang biak. Tidak seperti hewan lain, sperma ayam dapat bertahan di saluran telur selama tiga sampai empat minggu, jadi salah satu sperma masuk akan dapat membuahi sel telur.

Saat ayam berhenti bertelur dan menetas

  • Seekor ayam yang sering termenung dalam berkembang biak dapat digunakan untuk menetaskan telur memperbanyak anakan dari keturunan yang lain.

  • Telur yang terdapat dalam sarang, terlepas dari apakah telur itu fertil atau tidak tetap dikumpulkan.

  • Ayam yang sedang mengeram akan meninggalkan sarang setidaknya sekali dalam sehari. Saat itu ayam akan makam, minum dan buang air besar. Selama ditinggal ayam, telur tetap aman selagi posisi telur aman dalam sarangnya.

  • Untuk telur ayam kampung atau ayam hias selain kalkun dan mutiara akan menetas dalam waktu 21 hari setelah dierami. Untuk telur kalkun dan mutiara waktu menetas sekitar 28 hari.

  • Tidak semua telur yang fertil dapat menjadi embrio. Salah satu penghambat terbentuknya embrio karena tekanan suhu yang ekstrim.

  • Dari telur yang bisa membentuk embrio itu tidak semuanya mampu menetas. Embrio bisa mati setiap saat sebelum menetas. Telur yang mempunyai kuning telur yang ganda juga mempunyai peluang menetas yang kecil.

  • Ayam yang sedang mengeram kadangkala mendorong telur keluar dari sarangnya. Kemungkinan besar telur itu tidak berkembang atau bahkan sudah busuk. Ayam mempunyai naluri yang baik untuk mendeteksi telur yang dapat menetas.

Telur yang digunakan untuk konsumsi

  • Sebuah telur segar mempunyai komposisi kuning telur, lapisan putih telur yang tebal/ albumen dan lapisan tipis disekitar lapisan albumen tersebut.

  • Telur subur dapat dikonsumsi, bahkan beberapa orang menganggap telur yang subur memiliki gizi yang lebih tinggi daripada telur yang tidak fertil walaupun dari penelitian ilmiah belum ada yang bisa mengkonfirmasi kebenarannya.

  • Telur segar yang subur tidak akan berkembang menjadi embrio jika tidak diletakkan dalam ruangan khusus yang hangat/ inkubator buatan.

  • Telur ayam mempunyai warna kuning yang berbeda-beda tergantung apa yang dimakan oleh ayam tersebut. Dalam satu kali masa produksi, telur yang dihasilkanpun akan berlainan baik dalam warna kuning telur maupun warna kulit telur.

  • Kuning telur dan putih telur memiliki bintik merah atau coklat didalamnya. Terkadang hal tersebut sedikit mengganggu dan kebanyakan saat orang akan memasaknya, bintik tersebut dibuang terlebih dahulu.

  • Kulit telur memiliki lapisan pelindung yang mampu menahan masuknya bakteri ke dalam telur. Maka disarankan untuk tidak mencuci telur kecuali saat akan digunakan saja.

  • Tidak semua telur yang diambil dari kandang nampak bersih dan mulus. Adakalanya noda darah, lapisan tanah dan lumpur menghiasi permukaan telur. Hapuslah pelan-pelan. Telur harus dalam keadaan kering dan bersih saat menyimpannya.

  • Saat kita tidak yakin dengan tingkat kesegaran telur yang anda miliki, anda dapat meletakkan dalam wadah yang berisi air yang banyak. Saat telur itu tenggelam berarti telur itu masih layak uttuk dikonsumsi. Namun jika mengapung, maka itu pertanda anda harus membuang telur itu karena kemungkinan telur itu telah busuk.

Itulah beberapa fakta yang menarik tentang sebutir telur. Kami berharap artikel ini berguna untuk anda.

Kami menyediakan berbagai macam telur ayam hias, anakan ayam hias sampai umur indukan ayam hias. Mesin penetas telur otomatis juga kami sediakan. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

Telkomsel :

0812-2028-8686

(Call/SMS)

IM3 :

0856-4772-3888

(Call/SMS/Whatsap)

kata terkait:

ayam hias, telur ayam hias, jual telur ayam, harga telur ayam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s