Harga Efektif dan Budidaya Ayam Cemani Walik Berkualitas

Budidaya Ayam Cemani Walik. Siapa yang tidak mengenal Ayam Cemani ? Ayam Cemani  merupakan salah satu ayam lokal asli Indonesia yang berkembang di daerah Temanggung, Jawa Tengah.

Asal usul sejarah ayam cemani berasal dari pulau Jawa. Mula-mula budidaya ayam cemani walik pada zaman dahulu merupakan obat penawar sakit.

Namun pada saat ini banyak yang memanfaatkan ayam cemani walik untuk tumbal atau hal-hal menuju persekutuan Allah.

Asal mulanya ayam cemani merupakan ayam yang  berasal dari keturunan kedu hitam.

Ayam ini memiliki ciri khas di seluruh tubuhnya mulai dari bulu hingga jengger yang bergerigi bagi ayam jantan yang berwarna hitam.

Sama dengan jenis ayam lainnya, ayam cemani ini merupakan tipe ayam yang memiliki manfaat ganda yang dapat dimanfaatkan dagingnya,  tipe ayam yang memiliki produktifitas telur tinggi dan pada manajemen pemeliharaan ayam cemani sama dengan pemeliharaan ayam jenis lainnya yang relatif mudah.

Ayam Cemani Walik
Ayam Cemani Walik

JUAL BERBAGAI JENIS AYAM HIAS UNIK

Siap kirim ke seluruh wilayah Indonesia “BERGARANSI”

Bagaimana caranya agar dapat mengetahui  ciri-ciri Ayam Cemani ?

Dapat diketahui ciri-ciri pada ayam cemani sebagai berikut:

1. Bulu Ayam Cemani

Ayam Cemani ini memiliki warna bulu diseluruh tubuhnya yang berwarna hitam.

Mulai dari kaki, jengger, paruh, pial, mata, lidah, rongga mulut, sayap dan juga cakarnya.

2. Kaki Ayam Cemani

Mungkin bagi kalangan orang yang sudah terbiasa melihat kaki jenis ayam lain yang berwarna kuning pada dasarnya berbeda pada kaki ayam cemani ini. 

Namun, pada bagian kaki ayam cemani ini berwarna hitam. Hitam disini bukanlah hitam lebam karena yang kita ketahui kaki ayam ini bersisik sehingga jika kering akan berubah menjadi putih.

Baca Juga!  Cari Ayam Pelung usia Bibit hingga Dewasa siap Ternak ? Disini tempatnya
budidaya ayam cemani walik
Warna Kaki Ayam Cemani

3. Jengger Ayam Cemani

Jengger ayam cemani yang bergerigi ini umunya berwarna hitam, namun pada saat ayam cemani beranjak dewasa pada bagian bawah jengger akan menjadi kemerah-merahan.

budidaya ayam cemani walik
Ayam Cemani Walik Dewasa

4. Lidah Ayam Cemani

Lidah pada ayam cemani ini berwarna abu-abu walaupun tenggorokan ayam ini tetaplah berwarna hitam.

Dalam produktifitas telur ayam cemani yang berwarna putih, saat ini budidaya ayam cemani walik dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Dengan semakin banyak permintaan ayam cemani ini tentu semakin bertambah pula orang untuk ternak ayam cemani .

Pada anakan ayam cemani sangatlah rentan kesehatan tentunya dapat menyebabkan kematian dengan suhu yang rendah.

Dengan begitu kita dapat mengantisipasi pada ayam yang berumur kurang dari satu bulan dapat dimasukkan kedalam box yang telah diberikan lampu pijar.

Pada dasarnya lampu pijar dapat membantu menjaga suhu ruangan tetap hangat.

Jenis makanan khusus ayam cemani  yang dapat diberikan, untuk lebih mudahnya dapat memakai pakan yang dibuat sendiri dengan bahan yang sangat mudah yakni campuran dedak padi, bekatul, jagung giling, menir gabah dan jenis kacang-kacangan lainnya dapat menekan harga pada saat terjadi kenaikan harga pakan tak lupa untuk  memberikanvitamin ayam cemani. 

Banyak yang mengatakan bahwa makanan ayam cemani asli merupakan beras ketan hitam, hal ini bertujuan agar seluruh bagian ayam berwarna hitam termasuk darah ayam cemani.

Baca juga :

budidaya ayam cemani walik
Kedelai

Proses kebersihan kandang sebaiknya dilakukan setiap hari hal ini dilakukan berguna untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kandang.

Baik membersihkan kandang dari kotoran ayam maupun dari sisa-sisa pakan ayam cemani tersebut.

Bisakah Anda cara menghitamkan lidah ayam cemani?

Bagi Anda yang mempercayai dalam menghitamkan lidah ayam cemani , sekedar informasi bahwa sejak berternak ayam cemani kami belum pernah menemukan lidah ayam cemani yang berwarna hitam.

Sehingga perlu anda ketahui bahwa ayam cemani yang memiliki lidah berwarna hitam memang cukup  jarang ditemukan.

Baca Juga!  Apakah Daging Ayam Cemani Berwarna Hitam ?
Keunikan Ayam Cemani Walik

Barang kali kita timbul berbagai macam pertanyaan mengapa ayam cemani ini banyak diburu dan dicari orang?

Mengetahui bahwa ayam cemani memiliki berbagai macam keistimewaan dan keunikan yang tidak dimiliki ayam lain, sehingga ayam ini memiliki nilai dan tingkat nilai tersendiri.

Karena disamping ayam ini dijadikan sebagai koleksi.

Dahulu dengan memelihara ayam cemani ini dapat mendatangkan keuntungan yang percaya pada hal-hal ghaib.

  • Ayam Cemani dijadikan sebagi ritual ghaib

Pada dasarnya ayam cemani merupakan sosok ayam yang banyak dijadikan sebagi persyaratan  tumbal, seperti : untuk pengobatan, gedung, toko, pasar, mall, kedai-kedai besar, rumah dan sebagainya. Bisa juga digunakan pada proyek pembangunan seperti : pembuatan jalan, toll, pembangunan jembatan,terowongan, lapangan terbang, pelabuhan, terminal serta pada proyek-proyek besar lainnya yang berkaitan dengan alam ghaib. Menurut para normal ayam cemani mempunyai nilai mistis dan juga magis yang sangat kuat. Selain sebagai ayam yang keramat  sebagai tumbal maupun sajian karena memiliki daging, darah tulang yang berwarna hitam yang sangat disukai oleh jin, makhluk halus dan sebangsanya.

  • Ayam Cemani merupakan ayam pembawa keberuntungan (Tuah)

Banyak masyarakat yang  beranggapan bahwa ternak ayam cemani asli dapat mendatangkan keberuntungan dan dapat dikatakan semakin hitam ayam tersebut semakin beruntung pula bagi pemiliknya. Konon dapat dikatakan, dengan budidaya ayam cemani walik ini dapat mendatangkan keuntungan, kebahagiaan, keselamatan bagi pemiliknya. Untuk saat ini kepercayaan ini belum dapat dibuktikan kebenarannya . Walaupun demikian, masyarakat Indonesia hingga saat ini masih percaya akan hal tersebut. Mudah-mudahan kepercayaan ini lambat laun akan hilang dikalangan masyarakat Indonesia yang percaya akan hal itu yang tidak bisa dibenarkan.

Ayam Cemani Walik
Ayam Cemani Walik

Berikut merupakan daftar harga Ayam Cemani Walik  hias per ekor : 

1 Bulan   @ Rp160,000
2 Bulan   @ Rp235,000
3 Bulan   @ Rp435,000
4 Bulan   @ Rp485,000
5 Bulan   @ Rp585,000
Dewasa   @ Rp860,000

Di hobiternak.com Tidak Melayani Pembelian Ayam untuk acara ritual, pengobatan atau sejenisnya.

Bagi Anda yang ingin mencoba mengeramkan atau ingin menetaskan  maupun ingin membeli ayam cemani bisa menghubungi kami kapan saja.

Kami menyediakan baik untuk ditetaskan menggunakan indukan ayam lain maupun menggunakan mesin penetas atau Anda yang lebih memilih bibit ayam cemani ditempat kami menyediakan dari anakan hingga indukan siap produksi.

Kami siap kirimkan ke seluruh wilayah Indonesia yang terjangkau menggunakan kargo hewan. Untuk pemesanan hubungi kami segera di :

WHATSAPP
TELPON
SMS

CS 1
0812-2028-8686

CS 2
0895-6124-93491

CS 3
0898-9274-749

Promo DOC KUB

Viky Ristiyarti

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

WhatsApp GRATIS Konsultasi atau Order via WA