Mengenal Lebih Dekat Dengan Kelinci Flemish Giant

Mengenal Lebih Dekat Dengan Kelinci Flemish Giant

Diantara jenis kelinci, Kelinci Flemish Giant merupakan kelinci yang postur tubuhnya paling besar. Kelinci ini bila mendapatkan makanan yang bagus bisa mencapai berat 13 kg per ekor. Bahkan bila diberikan makanan khusus bisa mencapai lebih dari 20 kg. Maka banyak yang menjadikan kelinci ini sebagai pedaging yang berpotensial.

Kelinci ini pada mulanya hanya berkembang liar dialam bebas. Namun dengan perantara pedagang Belanda, maka kelinci ini dibawa ke Eropa dan dibudidayakan sehingga mampu berkembang biak dengan baik. Apalagi tingkat konsumsi daging masyarakat Inggris di Eropa makin meningkat, maka kelinci ini bisa dijadikan sebagai sumber protein yang baik. Bulunya dapat dijadikan bahan baku pembuatan baju wol.

Kelinci Flemish Giant
Kelinci Flemish Giant

Ciri-ciri Kelinci Flemish Giant antara lain:

  • Kelinci dewasa mempunyai panjang badan sekitar 50 cm lebih (lebih dari 20 inch)
  • Panjang telinga sekitar 15 cm, berkaki besar, panjang dan kuat. Jenis telinga tegak berdiri
  • Tulang tebal dengan dada penuh berisi
  • Warna hitam, abu-abu, biru, coklat kuning muda (fawn) dan putih. Keistimewaannya tidak mempunyai warna bulu yang kombinasi dari berbagai warna. Jadi hanya mempunyai warna tunggal.
  • Mulai masuk masa produksi sekitar umur 8 bulanan. Dalam sekali produksi bisa menghasilkan 6-10 anakan.

Jika pada kelinci lain, warna bulunya bisa bervariasi, maka pada kelinci flemish giant warnanya tunggal. Bisa berwarna putih, hitam, biru, abu-abu, coklat kuning muda (fawn), abu-abu terang, abu-abu besi (sandy). Jadi berbeda dengan jenis kelinci lain yang berwarna kombinasi antara beberapa warna sekaligus.

Flemish Giant
Flemish Giant

Kelinci jenis ini selain cocok dijadikan pedaging, juga bisa dijadikan kelinci hias. Sekarang banyak yang menyilangkan dengan kelinci lokal. Untuk anakan akan mengalami penurunan dalam produktivitas dagingnya. Pada umumnya kelinci hasil silangan impor dan lokal postur tubuhnya lebih kecil dibandingkan kelinci asli impor. Untuk itu jika menjadikan kelinci pedaging, bisa dari peranakan kelinci flemish giant.

Baca Juga!  7 Tips Merawat Bulu Kelinci Anggora Agar Tetap Indah

Sekarang ini permintaan akan daging kelinci semakin meningkat, banyaknya restoran dan rumah makan yang menyediakan menu dengan bahan utama kelinci. Daging kelinci dapat dibuat seperti sate dan beberapa menu lainnya. hal itu jelas merupakan peluang bisnis yang bagus.

Silver Blue Flemish Giant
Silver Blue Flemish Giant

Dukung kami untuk senantiasa memberikan konten bermanfaat dengan Follow, Like dan Subcribe akun kami di:

Instagram : @hobi_ternak

Facebook : Hobi Ternak

Youtube : Kandang Utama Jualayamhias

Kata terkait:
Kelinci hias, harga kelinci, makanan kelinci, kelinci pedaging, kandang kelinci, kelinci pedaging, kelinci hias, ternak kelinci pedaging, ternak kelinci hias, usaha ternak kelinci pedaging, usaha ternak kelinci hias, jual kelinci pedaging, jual kelinci hias

Rate this post
Pak Agus dan hobiternak.com

Agus Harianto S.Pt & Hobi Ternak Team 9

Tim hobiternak.com dalam penulisan artikel nya di dukung oleh Bapak Agus Harianto S.Pt, beliau sosok senior di dunia peternakan di Indonesia alumni Fakultas Peternakan dan bersinergi dengan Akademisi lainya. Kami senantiasa berikhtiar berbagi tulisan yang bermanfaat.

Komentar, kritik dan saran yang membangun sungguh merupakan energi positif bagi kami.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

× GRATIS Konsultasi atau order via WA